STRATEGI PEMBINAAN KEAGAMAAN ANAK JALANAN OLEH PESANTREN BINA INSAN KAMIL DI LAMPU MERAH KELENDER, KOTA JAKARTA TIMUR

ISMAH NUR HANIFAH, . (2020) STRATEGI PEMBINAAN KEAGAMAAN ANAK JALANAN OLEH PESANTREN BINA INSAN KAMIL DI LAMPU MERAH KELENDER, KOTA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (470kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (429kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (836kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembinaan agama kepada anak jalanan, dimulai dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan. Serta menganalisa pendekatan yang digunakan dalam proses pembinaan keagamaan kepada anak jalanan yang dilakukan oleh Pesantren Bina Insan kamil Jakarta. Penelitan ini penulis menggunaakan teori pembinaan keagamaan yang dikemukakan oleh Masdar Helmy dengan berbagai indikator pembinaan.Serta dibantu dengan teori pendekatan individual dari Dimyati untuk menganalisa keseluruhan strategi pembinaan yang dilakukan oleh Pesantren Bna Insan Kamil.. Metodologi yang dugunakan penulis adalah deskriptif kualitatif dari segi pelaksanaannya untuk menggambarkan deskripsi gejala suatu fenomena atau kasus. Penelitian ini digunakan untuk menjabarkan beberapa hasil temuan dari analisa menggunakan teori Masdar Helmy. Teknik pengumpulan penelitian ini adalah data primer yang dilakukan langsung dari respondenya yaitu pihak pesantren dan data sekunder yaitu hasil temuan dilapangan yang peneliti jumpai. Hasil Penelitian: ini menunjukan bahwa strategi pembinaan yang digunakan oleh BIK adalah menggunakan pendekatan induktif. Pembinaan dilakukan dengan bertahap dan dengan pengawasan serta follow-up dari para pengajar. Perencanaan yang lakukan oleh Pesantren BIK belum terstruktur dengan baik, sehingga dalam pelaksanaannya sering berganti materi pembelajarannya. Namun ada beberapa kemajuan yang dicapai oleh anak-anak tersebut dari target yang diberikan oleh pengajar BIK. Pengajar menggunakan pendekatan individual dalam proses pembinaan karena saat pembinaan ada kegiatan dimana peserta didik memilih sendiri materi yang ingin dipelajari, membuat perjanjian pra belajar, serta komponan lainnya yang berkaitan dengan pendekatan indivudual tersebut. This research aims to describe the strategy of religious development to street children, starting from the planning phase, until the implementation. As well as analyzing the approaches used in the process of religios guidance for stree chlidren camed out by the Bina Insan Kamil Boarding School Jakarta. his research of writers uses the theory of religious coaching expressed by Masdar Helmy with a variety of coaching indicators. And assisted with Dimyati's individual approach theory to analyze the overall coaching strategy carried out by the Bina Insan Kamil Islamic Boarding School.The methodology that the authors use is a qualitative descriptive in terms of its implementation to describea description of the symptoms of a phenomenon or case. The research was used to describe some findings from the analysis using the theory of Masdar Helmy and Yamin. Primary data collection techniques are carried out directly from the response, namely the Pesantren and secondary data, namely the findings of the field that researchers encounter.Research results: This shows that the coaching strategy used by the BIK is to use an inductive approach. Coaching is done gradually and with the supervision and follow-up of the teachers. The planning that did by Pesantren BIK has not been well structured, so in its implementation it often immaterial its teaching materials. But there is some progress achieved by the children from the target given by the BIK teacher. Teachers use individual approaches in the coaching process because when coaching there are activities where students choose their own material to be studied, make pre-learning agreements, as well as other components related to the individual approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muslihin, MA ; 2). Dr. Amaliyah
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Teologi dan Doktrin Agama
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1209 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2020 11:38
Last Modified: 05 Mar 2020 11:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4910

Actions (login required)

View Item View Item