Pengaruh Idle Time terhadap Produktivitas Alat Bongkar Muat Quay Container Crane pada PT. IPC Terminal Petikemas

DIMAS ADRIANSYAH, . (2024) Pengaruh Idle Time terhadap Produktivitas Alat Bongkar Muat Quay Container Crane pada PT. IPC Terminal Petikemas. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (619kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan merupakan fasilitas vital di tepi perairan yang berfungsi sebagai titik transit untuk barang dan penumpang, dilengkapi dengan berbagai infrastruktur penunjang seperti dermaga, gudang, dan peralatan bongkar muat. PT. IPC Terminal Petikemas, bagian dari PT. Pelabuhan Indonesia II, berupaya meningkatkan kualitas layanan di tengah tantangan operasional seperti idle time, yaitu waktu tidak produktif yang mempengaruhi efisiensi bongkar muat kontainer. Idle time ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti keterlambatan kapal, kerusakan alat, dan prosedur operasional yang belum optimal. Data menunjukkan bahwa performa bongkar muat PT. IPC Terminal Petikemas masih di bawah standar yang ditetapkan, yang menunjukkan adanya gap dalam kinerja yang perlu dievaluasi. Mengurangi idle time melalui perencanaan yang lebih baik, pemeliharaan preventif, dan integrasi sistem informasi menjadi kunci untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis idle time, menganalisis produktivitas alat bongkar muat quay container crane, dan menganalisis seberapa besar pengaruh idle time terhadap produktivitas alat bongkar muat quay container crane pada PT. IPC Terminal Petikemas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan langkah-langkah analisis meliputi analisis deskriptif distribusi frekuensi, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa idle time memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas alat bongkar muat dengan persamaan regresi Y = 25,481 + 0,963X. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,406 mengindikasikan bahwa 40,6% variasi produktivitas dapat dijelaskan oleh idle time, sementara 59,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Uji T menunjukkan nilai signifikansi 0,000, menegaskan bahwa idle time secara signifikan mempengaruhi produktivitas.***** Ports are vital waterfront facilities functioning as transit points for goods and passengers, equipped with various supporting infrastructures such as docks, warehouses, and loading and unloading equipment. PT. IPC Terminal Petikemas, part of PT. Pelabuhan Indonesia II, strives to improve service quality amidst operational challenges such as idle time, which is non-productive time affecting the efficiency of container handling. This idle time can be caused by various factors such as vessel delays, equipment failures, and suboptimal operational procedures. Data indicates that the handling performance of PT. IPC Terminal Petikemas is still below the established standards, highlighting a performance gap that needs to be evaluated. Reducing idle time through better planning, preventive maintenance, and information system integration is key to enhancing productivity and customer satisfaction. This study aims to analyze idle time, analyze the productivity of quay container crane handling equipment, and analyze the extent to which idle time affects the productivity of quay container crane handling equipment at PT. IPC Terminal Petikemas. The research method used is quantitative, with analysis steps including descriptive frequency distribution analysis, validity tests, reliability tests, normality tests, homogeneity tests, simple linear regression analysis, t-tests, and determination coefficient tests. The results of the study indicate that idle time has a significant effect on the productivity of handling equipment, with the regression equation Y = 25.481 + 0.963X. The coefficient of determination (R²) value of 0.406 indicates that 40.6% of the productivity variation can be explained by idle time, while the remaining 59.4% is influenced by other variables. The T-test shows a significance value of 0.000, confirming that idle time significantly affects productivity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Siti Sahara, S.Pd.,M.Pd 2). Kencana Verawati, S.S.T.,M.M.Tr
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Users 24456 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:51
Last Modified: 07 Aug 2024 03:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49114

Actions (login required)

View Item View Item