HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

ULMIA LESTY KHOTIMAH, . (2024) HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (730kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
7 Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB)
[img] Text
8 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sikap ilmiah merupakan kecenderungan seseorang untuk bertindak atau berperilaku dalam memecahkan suatu masalah secara sistematis melalui langkah – langkah ilmiah. Peningkatan sikap ilmiah dalam proses belajar akan mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan seseorang dalam menganalisis,mengevaluasi, dan menarik kesimpulan dari suatu informasi dengan difokuskan pada menerapkan solusi permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap ilmiah dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMAN Cibinong pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif melalui studi korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 106 peserta didik dipilih dengan teknik pemilihan sampel bertingkat. Pengumpulan data menggunakan teknik survei kuesioner, diukur menggunakan instrumen sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi diperoleh bentuk hubungan yang linear signifikan antara sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara sikap ilmiah dengan kemampuan berpikir kritis pesertadidik pada materi perubahan lingkungan dengan kriteria tingkat hubungan lemah.***** Scientific attitude is a person's tendency to act or behave in solving a problem systematically through scientific steps. Increasing scientific attitudes in the learning process will develop students' thinking abilities. Critical thinking skills are a person's ability to analyze, evaluate, and conclude from information, focusing on implementing solutions to the problems faced. This research aims to determine the relationship between scientific attitudes and students' critical thinking skills on environmental change material. The research was carried out at SMAN Cibinong in the even semester of the 2023/2024 academic year. The method used is a descriptive method through correlational studies. The sample used was 106 students selected using multistage random sampling. Data collection used a questionnaire survey technique, measured using instruments of scientific attitude and critical thinking skills. Hypothesis testing using regression analysis obtained a significant linear relationship between scientific attitudes and critical thinking abilities. The conclusion of this research is that there is a positive relationship between scientific attitudes and students' critical thinking abilities on environmental change material with a weak relationship level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si. ; 2). Erna Heryanti, S.Hut., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ulmia Lesty Khotimah .
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:00
Last Modified: 08 Aug 2024 05:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49349

Actions (login required)

View Item View Item