PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (POWTOON) PADA PELAJARAN TEKNIK DASAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X OTKP DI SMK TUNAS PEMBANGUNAN

RAHAYU SULISTIO PUTRI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO (POWTOON) PADA PELAJARAN TEKNIK DASAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X OTKP DI SMK TUNAS PEMBANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi pendidikan (Edutech) adalah gabungan dari penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer dengan teori pendidikan dan praktik untuk memfasilitasi pembelajaran. Edutech bertujuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah belajar. Selain itu, membantu meningkatkan efisiensi pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran teknik dasar administrasi perkantoran di SMK Tunas Pembangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertempat di SMK Tunas Pembangunan yang dilakukan pada Februari 2024 sampai dengan Juni 2024. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dengan jumlah 35 siswa. Ukuran sampel pada penelitian ini 10 peserta didik yang ditentukan dengan metode random/acak. Kelayakan media pembelajaran dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Hasil perhitungan kelayakan ahli materi 96% atau Sangat Layak. Hasil perhitungan kelayakan ahli media 73% atau Layak. Hasil penelitian diatas dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan ketertarikan, minat, dan motivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. ***** Educational technology (Edutech) is a combination of the use of computer hardware and Software with educational theory and practice to facilitate learning. Edutech aims to identify and solve learning problems. Apart from that, it helps increase efficiency in the learning process. The aim of this research is to produce interactive learning media on basic office administration engineering subjects at Tunas Pembangunan Vocational School. The type of research used is Research and Development (RnD) using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development method. This research took place at Tunas Pembangunan Vocational School and was conducted from February 2024 to June 2024. The research population was students in class X Office Automation and Management (OTKP) with a total of 35 students. The sample size in this study was 10 students who were determined using a random method. The feasibility of the learning media was assessed by media experts and material experts. The results of material expert feasibility calculations are 96% or Very Eligible. The media expert's feasibility calculation results are 73% or Eligible. The results of the research above can increase and direct students' attention so that it can increase and direct students' attention so that it can generate interest, interest and motivation to participate in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Henry Eryanto, M.M. ; 2). Roni Faslah, S.Pd., M.M
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Rahayu Sulistio Putri .
Date Deposited: 09 Aug 2024 00:13
Last Modified: 09 Aug 2024 00:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49453

Actions (login required)

View Item View Item