PENGARUH MODEL PjBL DENGAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI ALIRAN ENERGI DALAM EKOSISTEM

SUCI MEIGADIANA, . (2024) PENGARUH MODEL PjBL DENGAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI ALIRAN ENERGI DALAM EKOSISTEM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik semakin dihadapkan dengan berbagai tuntutan global akibat pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi disertai ledakan informasi pada era revolusi 4.0. Berpikir kritis menjadi salah satu dari beberapa keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21 untuk menyiapkan peserta didik pada jenjang pendidikan dan dunia kerja. Berdasarkan penelitian terdahulu, kemampuan berpikir kritis peserta didik berada pada kategori sedang cenderung rendah. Perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, salah satunya melalui penerapan model PjBL dengan pendekatan STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi aliran energi dalam ekosistem. Penelitian dilaksanakan di SMA Angkasa 1 Jakarta pada Desember 2023-Juli 2024. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 62 peserta didik yang dipilih secara simple random sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t-independent pada α = 0,05, diperoleh signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, sehingga terdapat pengaruh model PjBL dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi aliran energi dalam ekosistem. Hasil penelitian ini mengimplikasikan model PjBL dengan pendekatan STEAM dapat dijadikan salah satu model alternatif oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik materi aliran energi dalam ekosistem.*****Students are increasingly faced with various global demands due to the development of science and technology with lots of information in the revolution-era 4.0. Critical thinking is part of 21st-century skills to prepare students for educational and professional levels. Based on previous research, students' critical thinking abilities are in the medium to low. The way to improve students' critical thinking skills is by implementing the PjBL model with STEAM. The purpose of this study was to determine the effect of the PjBL model with STEAM approach on students’ critical thinking ability on energy flows through an ecosystem. This research was conducted at SMA Angkasa 1 Jakarta in Desember 2023-July 2024. This type of research is quantitative with quasi-experimental research methods. The research sample 62 students selected by simple-random sampling. Based on hypothesis with α=0,05, the research results significance value of 0,00 < 0,05, which means that there is an effect of the PjBL model with STEAM approach on students’ critical thinking ability on energy flows through an ecosystem. The result of this study imply that the PjBL model with STEAM can be used as one of alternative model by teachers to improve students’ critical thinking ability on energy flows through an ecosystem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si. ; 2). Nailul Rahmi Aulya, S.Si., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Sains > Mikro Biologi > Ekologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Suci Meigadiana .
Date Deposited: 09 Aug 2024 05:56
Last Modified: 09 Aug 2024 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49547

Actions (login required)

View Item View Item