PENGEMBANGAN VIDEO EDUTAINMENT BERBASIS INTERAKTIVITAS YOUTUBE DENGAN STRATEGI MURDER PADA MATERI INTEGRAL DI SMA

ANUGERAH ALI WARDANA, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO EDUTAINMENT BERBASIS INTERAKTIVITAS YOUTUBE DENGAN STRATEGI MURDER PADA MATERI INTEGRAL DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text (Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan, Lembar Orisinalitas, Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi, Kata Pengantar dan Daftar Isi)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text (Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan video edutainment berbasis interaktivitas YouTube dengan strategi MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) pada materi Integral di SMA. Metode yang digunakan mengikuti model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analyze (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di tiga sekolah: SMA Negeri 103, SMA Negeri 91, dan SMA Negeri 44 Jakarta. Uji validasi oleh para ahli menunjukkan persentase 89,19% untuk aspek materi dan bahasa serta 80,66% untuk aspek media. Dalam uji coba kelompok kecil, evaluasi oleh 3 guru memperoleh persentase 85,12%, sementara evaluasi oleh 15 siswa mencapai 89,30%. Pada uji coba kelompok besar, evaluasi oleh 3 menghasilkan persentase 84% dan evaluasi oleh 45 siswa mencapai 90,10%. Rata-rata persentase hasil penilaian produk ini pada setiap tahapannya mencapai 86% yang termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk video edutainment yang dikembangkan layak dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. ***** This research aims to develop an edutainment video based on YouTube interactivity using the MURDER strategy (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) for Integral material in high school. The method used follows the ADDIE model, which consists of five stages: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research was conducted in three schools: SMA Negeri 103, SMA Negeri 91, and SMA Negeri 44 Jakarta. Validation tests by experts showed a percentage of 89.19% for material and language aspects and 80.66% for media aspects. In the small group trial, evaluations by three teachers achieved a percentage of 85.12%, while evaluations by 15 students reached 89.30%. In the large group trial, evaluations by three teachers resulted in a percentage of 84%, and evaluations by 45 students reached 90.10%. The average percentage of the product's rating at each stage reached 86%, classified as very good. These results indicate that the developed edutainment video product is suitable and appealing for use in mathematics learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Lukita Ambarwati, S.Pd., M.Si. 2). Leny Dhianti Haeruman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 24799 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:55
Last Modified: 14 Aug 2024 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49669

Actions (login required)

View Item View Item