PENGEMBANGAN BUKU CERITA POP UP "BENCANA BANJIR" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELOMPOK B DI TPA NEGERI BALE BERMAIN MAJU BERSAMA

EGA ANDREA, . (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA POP UP "BENCANA BANJIR" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELOMPOK B DI TPA NEGERI BALE BERMAIN MAJU BERSAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (915kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku cerita pop up. Buku ini dikembangkan sebagai media pembelajaran yang dimanfaatkan untuk kegiatan bercerita pada anak di TPA Negeri Bale Bermain Maju Bersama. Penelitan pengembangan ini dilakukan dengan mengikuti prosedur model pengembangan W. James Popham, yang terdiri dari tujuh tahap: 1) Formulasi, 2) Spesifikasi Pembelajaran, 3) Uji Coba Soal, 4) Pengembangan Produk, 5) Uji Coba Produk, 6) Revisi Produk, 7) Analisis Operasi. Evaluasi pada penelitian pengembangan produk ini dilakukan melalui tahap expert review. Tahap expert review melibatkan 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 3,80 sehingga kualitas media dapat dikategorikan sangat baik. Ahli media memperoleh skor sebesar 3,60 dengan kategori sangat baik, dan ahli materi memperoleh skor sebesar 4,00 dengan kategori sangat baik. Tahap field test buku cerita pop up di uji cobakan kepada 12 orang peserta didik, kemudian guru menilai menggunakan lembar penilaian observasi. Pada tahap ini diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 77% dari hasil tersebut dapat dikategorikan bahwa buku pop up berjudul “Aku Siap Ketika Banjir” dikatakan baik digunakan dalam kegiatan bercerita. Berdasarkan hasil uji coba yanag telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa buku pop up sub topik bencana banjir yang digunakan sebagai media pembelajaran pada kelompok B di TPA Negeri Bale Bermain Maju Bersama.***** This development research aims to produce a product in the form of a pop-up story book. The book is developed as a learning media that used for storytelling activities with children at TPA Negeri Bale Bermain Maju Bersama. The development research follows the procedure of W. James Popham development model, which consists of seven stages: 1) Formulation, 2) Instructional Specification, 3) Item Tryout, 4) Product Development, 5) Product Tryout, 6) Product Revision, and 7) Operational Analysis. Evaluation in this product development research is conducted through the expert review stage. The expert review stage involves one content expert and one media expert. The average score obtained in this stage is 3,80, categorizing the media quality as very good. The media expert received a score of 3,60 with a very good category, and the content expert received a score of 4,00 with a very good category. The field test stage of the pop-up story book was tested with 12 students, and teachers assessed using an observation assessment sheet. In this stage, the overall average score was 77%, indicating that the pop-up book titled "I Am Ready for Floods" is considered suitable for storytelling activities. Based on the conducted test results, it can be concluded that this development research produce a product in the form of a pop-up book on the subtopic of flood disasters, which is used as a learning media for Group B at TPA Negeri Bale Bermain Maju Bersama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mulyadi, M.Pd. ; 2). Diana Ariani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 25306 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:15
Last Modified: 12 Aug 2024 05:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49677

Actions (login required)

View Item View Item