PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ROBOTIK UNTUK MELATIH COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI GLB DAN GLBB

NISRINA TSABITAH ZAIN, . (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ROBOTIK UNTUK MELATIH COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI GLB DAN GLBB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah mengubah berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Penggunaan media berbasis robotika menjadi salah satu cara untuk melatih kemampuan computational thinking yang dibutuhkan pada era society 5.0. Salah satu materi yang sesuai untuk media berbasis robotika adalah GLB dan GLBB. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang interaktif dengan menggunakan robot di dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Berbasis Robotik untuk Melatih Computational Thinking pada Materi GLB dan GLBB. Model pengembangan LKPD ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas IV sekolah dasar (SD), VIII sekolah menengah pertama (SMP), dan XI sekolah menengah atas (SMA) peminatan fisika. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi, media, dan pedagogi yang seluruh hasilnya pada setiap jenjang dinyatakan dalam kategori sangat layak. Terdapat pula uji coba LKPD oleh guru IPAS, IPA, dan fisika yang diperoleh hasil sebesar 97,5%, 100%, dan 96,5%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan LKPD dapat meningkatkan persepsi peserta didik dari 74,8% menjadi 78,1% pada tingkat SD, 77,1% menjadi 84,9% pada tingkat SMP, dan 82,8% menjadi 88,3% pada tingkat SMA. Selain itu, terdapat peningkatan kognitif siswa pada materi GLB dan GLBB. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran untuk peserta didik. ***** The development of science and technology has transformed various aspects of life, especially in the field of technology. The use of robotics-based media is one way to train the computational thinking skills needed in the era of Society 5.0. One of the subjects suitable for robotics-based media is uniform linear motion and non-uniform linear motion, which still faces difficulties. These issues can be addressed by using interactive Student Worksheets with robots in the learning process. This study aims to develop Robotics-Based Student Worksheets to Train Computational Thinking in Uniform Linear Motion and Non-Uniform Linear Motion topics. The development model of this student worksheet uses the ADDIE model consisting of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research involved fourth-grade elementary school, eighth-grade junior high school, and eleventh-grade high school physics students. Feasibility tests were conducted by subject material experts, media experts, and pedagogy experts, all of whom unanimously categorized the student worksheet as very feasible at each level. There was also a trial of the student worksheet by science-social, science, and physics teachers, resulting in 97.5%, 100%, and 96.5% respectively. This research also shows that the use of the student worksheet can increase students' perceptions from 74.8% to 78.1% at the elementary school level, from 77.1% to 84.9% at the junior high school level, and from 82.8% to 88.3% at the high school level. Additionally, there was an increase in students' cognitive abilities on the topics of uniform linear motion and non-uniform linear motion. Based on these results, it can be concluded that the developed student worksheet is very feasible to be used as a learning media for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dewi Muliyati, S.Pd., M.Si., M.Sc. ; 2). Drs. Handjoko Permana, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 24767 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2024 00:42
Last Modified: 20 Aug 2024 00:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49776

Actions (login required)

View Item View Item