PENGEMBANAN VIDEO, INFOGRAFIS, DAN QUIZ INTERAKTIF BERBASIS MICROLEARING PADA MATERI FLUIDA STATIS MELALUI PLATFORM INSTAGRAM.

SITI LATIFA AMALIA ZAHRA, . (2024) PENGEMBANAN VIDEO, INFOGRAFIS, DAN QUIZ INTERAKTIF BERBASIS MICROLEARING PADA MATERI FLUIDA STATIS MELALUI PLATFORM INSTAGRAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II (1)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan akan adanya adaptasi dalam pendidikan yang serba cepat ini telah mendorong munculnya pembelajaran micro. Pembelajaran ini merupakan pendekatan yang relevan di era digital ini dengan menyusun pembelajaran ke dalam segmen-segmen yang lebih kecil dan terfokus. Berhubungan dengan itu, Instagram sebagai media sosial yang sedang marak digunakan menjadi relevan karena dapat menyajikan konten melalui fitur yang tersedia di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video, infografis, dan quiz interaktif berbasis microlearning pada materi fluida statis melalui platform instagram yang layak sebagai media penunjang pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk berhasil dikembangkan melalui penilaian dari para ahli menyatakan produk berada pada interpretasi layak (72%) dari ahli materi, sangat layak (81%) dari ahli media pembelajaran. Respon dari guru dan peserta didik berada pada interpretasi sangat baik (91%) dan (95%). Dengan demikian, produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. ****** The need for adaptation in this fast-paced education has led to the emergence of micro-learning. It is a relevant approach in this digital age by structuring learning into smaller, focused segments. In relation to that, Instagram as a social media that is being widely used becomes relevant because it can present content through the features available in it. This research aims to produce microlearning-based interactive videos, infographics, and quizzes on static fluid material through the Instagram platform that are feasible as a medium to support physics learning. The research method used in this research is research and development using the ADDIE development model. The product was successfully developed through an assessment from experts stating the product was in the interpretation of feasible (72%) from material experts, very feasible (81%) from learning media experts. Responses from teachers and students were at the interpretation of very good (91%) and (95%). Thus, the developed product is feasible to use as physics learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dewi Muliyati, S.Pd., M.Si, M.Sc. 2). Mentari Anugrah Imsa, M.Si., MCE.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 24374 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2024 01:17
Last Modified: 16 Aug 2024 01:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49970

Actions (login required)

View Item View Item