SALSHA PUTRI FAJRIANI, . (2024) PENGEMBANGAN DIGITAL GAME BASED LEARNING "HISTORICAL EUREKA EXPEDITION". Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2-BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) | Request a copy |
|
Text
3-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
4-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
5-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
6-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (690kB) |
|
Text
8-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) | Request a copy |
Abstract
SALSHA PUTRI FAJRIANI. Pengembangan Digital Game Based Learning “Historical Eureka Expedition”. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. Juli 2024. Digital Game Based Learning (DGBL) merupakan konsep pembelajaran yang mengintegrasikan permainan digital untuk mencapai tujuan pendidikan. DGBL menjadi salah satu kunci keberhasilan penyampaian konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak dan sulit dipahami secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan pembelajaran digital yang layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran fisika pada materi hukum Archimedes (Fluida Statis) untuk peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Dalam pengembangannya, digunakan platform RPG Maker MV untuk menciptakan sebuah permainan yang mengusung konsep Role Playing Game (RPG), di mana pemain memerankan karakter dan menjalani petualangan yang mengedukasi seputar fisika hukum Archimedes. Hasil uji coba produk oleh peserta didik dilakukan secara offline di SMA As-Syafi’iyah 01 Jakarta dengan 50 partisipan didapatkan hasil 82,18% menyatakan bahwa produk layak digunakan. Dimana penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi perkembangan ilmu pendidikan khususnya dalam pengembangan media pendukung pembelajaran fisika yang dapat digunakan oleh pengajar dalam pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Permainan Digital, Fluida Statis, Sejarah Archimedes SALSHA PUTRI FAJRIANI. Pengembangan Digital Game Based Learning “Historical Eureka Expedition”. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. Juli 2024. Digital Game Based Learning (DGBL) merupakan konsep pembelajaran yang mengintegrasikan permainan digital untuk mencapai tujuan pendidikan. DGBL menjadi salah satu kunci keberhasilan penyampaian konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak dan sulit dipahami secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan pembelajaran digital yang layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran fisika pada materi hukum Archimedes (Fluida Statis) untuk peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Dalam pengembangannya, digunakan platform RPG Maker MV untuk menciptakan sebuah permainan yang mengusung konsep Role Playing Game (RPG), di mana pemain memerankan karakter dan menjalani petualangan yang mengedukasi seputar fisika hukum Archimedes. Hasil uji coba produk oleh peserta didik dilakukan secara offline di SMA As-Syafi’iyah 01 Jakarta dengan 50 partisipan didapatkan hasil 82,18% menyatakan bahwa produk layak digunakan. Dimana penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi perkembangan ilmu pendidikan khususnya dalam pengembangan media pendukung pembelajaran fisika yang dapat digunakan oleh pengajar dalam pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Permainan Digital, Fluida Statis, Sejarah Archimedes SALSHA PUTRI FAJRIANI. Pengembangan Digital Game Based Learning “Historical Eureka Expedition”. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. Juli 2024. Digital Game Based Learning (DGBL) merupakan konsep pembelajaran yang mengintegrasikan permainan digital untuk mencapai tujuan pendidikan. DGBL menjadi salah satu kunci keberhasilan penyampaian konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak dan sulit dipahami secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan pembelajaran digital yang layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran fisika pada materi hukum Archimedes (Fluida Statis) untuk peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Dalam pengembangannya, digunakan platform RPG Maker MV untuk menciptakan sebuah permainan yang mengusung konsep Role Playing Game (RPG), di mana pemain memerankan karakter dan menjalani petualangan yang mengedukasi seputar fisika hukum Archimedes. Hasil uji coba produk oleh peserta didik dilakukan secara offline di SMA As-Syafi’iyah 01 Jakarta dengan 50 partisipan didapatkan hasil 82,18% menyatakan bahwa produk layak digunakan. Dimana penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi perkembangan ilmu pendidikan khususnya dalam pengembangan media pendukung pembelajaran fisika yang dapat digunakan oleh pengajar dalam pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Permainan Digital, Fluida Statis, Sejarah Archimedes (*****) SALSHA PUTRI FAJRIANI. Development of Digital Game Based Learning "Historical Eureka Expedition". Physics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Jakarta. July 2024. Digital Game Based Learning (DGBL) is a learning concept that integrates digital games to achieve educational goals. DGBL is one of the keys to successful delivery of physics concepts that are abstract and difficult to understand conventionally. This research aims to develop a digital learning game that is suitable for use as a supporting medium for physics learning on Archimedes' law (Static Fluid) material for students. This research was carried out using the ADDIE approach which includes 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. In its development, the RPG Maker MV platform was used to create a game that carries the concept of a Role Playing Game (RPG), where players play characters and go on educational adventures about the physics of Archimedes' law. The results of product trials by students carried out offline at SMA As-Syafi'iyah 01 Jakarta with 50 participants showed that 82.18% of the results stated that the product was suitable for use. Where this research makes an important contribution to the development of educational science, especially in the development of physics learning support media that can be used by teachers in learning. Keywords: Digital Game Based Learning, Static Fluids, History of Archimedes
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dewi Muliyati, S.Pd., M.Si., M.Sc 2). Syafrima Wahyu, S.Si., M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 24292 not found. |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 05:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 05:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50090 |
Actions (login required)
View Item |