Listya Indriyani., . (2012) Prinsip Kerja Sama dalam Wacana Dialog Novel Rindu Purnama Karya Tasaro G.K dan A.Fuadi Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Berbicara di SMA. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
listya indriyani.pdf Download (821kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pelaksanaan prinsip kerja sama dalam wacana dialog novel Rindu Purnama. Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta dengan waktu penelitian adalah satu semester, dimulai pada semester 095 tahun akademik 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis. Selain itu, fokus penelitian ini adalah pelaksanaan prinsip kerja sama dalam wacana dialog novel Rindu Purnama. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan prinsip kerja sama dalam wacana dialog novel Rindu Purnama ditemukan sebanyak 241 ujaran dan 234 pasangan ujaran. Dari 234 pasangan ujaran tersebut, prinsip kerja sama yang paling dominan digunakan adalah penaatan maksim kuantitas, yaitu sebanyak 101 buah dengan persentase 43,2%. Kedua, pelanggaran maksim kuantitas yaitu sebanyak 41 buah dengan persentase 17,5%. Ketiga, pelanggaran maksim relevansi yaitu sebanyak 37 buah dengan persentase 15,8%. Keempat, penaatan maksim relevansi yaitu sebanyak 29 buah dengan persentase 12,4%. Kelima, pelanggaran maksim kualitas yaitu sebanyak 11 buah dengan persentase 4,7%. Keenam, penaatan maksim kualitas yaitu sebanyak 8 buah dengan persentase 3,4%. Ketujuh, pelanggaran maksim cara yaitu 2 buah dengan persentase 0,9%. Kedelapan atau penggunaan maksim paling sedikit muncul adalah penaatan maksim cara yaitu 1 buah dengan persentase 0,4%. Dari keseluruhan prinsip kerja sama dalam penelitian ini terlihat bahwa penaatan maksim kuantitas merupakan prinsip kerja sama yang paling banyak digunakan dalam novel Rindu Purnama. Terdapat satu jenis prinsip kerja sama yang paling sedikit muncul yaitu penaatan maksim cara. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sumber atau alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada pembelajaran berbicara di SMA sehingga proses belajar mengajar dapat lebih bervariasi dan lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Prof. Dr. H. Achmad H.P 2.) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 11:33 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/501 |
Actions (login required)
View Item |