KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR SISWA DI SMK KESEHATAN DAYA UTAMA BEKASI

HIKMA ZUHUDIA ANI, . (2024) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR SISWA DI SMK KESEHATAN DAYA UTAMA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar siswa di SMK Kesehatan Daya Utama Bekasi. Metode penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi. Objek penelitian ini adalah prinsip kesantunan pada interaksi guru dan siswa di SMK Kesehatan daya Utama Bekasi. Dari penelitian ini ditemukan 191 pasangan ujaran yang mengandung prinsip kesantunan Pada pertemuan di kelas XI Farmasi, terdapat 63 pasangan ujaran yang ditemukan santun. Kemudian, pada kelas XI Perawat terdapat 59 pasangan ujaran ditemukan santun. Sedangkan, pada kelas X Farmasi terdapat 69 pasangan ujaran yang ditemukan mengandung kesantunan. Dari 191 pasangan ujaran tersebut di antaranya terjadi sebanyak 13 pasangan ujaran yang mengandung maksim kebijaksanaan, 6 pasangan ujaran yang mengandung maksim kedermawanan, 51 pasangan ujaran yang mengandung maksim penghargaan, 5 pasangan ujaran yang mengandung maksim kesederhanaan, 111 Pasangan ujaran yang mengandung maksim pemufakatan, dan 5 pasangan ujaran yang mengandung maksim Kesimpatian. Secara keseluruhan maksim pemufakatan sering digunakan dalam proses belajar mengajar di SMK Kesehatan Daya Utama Bekasi. Baik guru maupun siswa kerap akan memaksimalkan kesepakatan dengan lawan bicaranya demi terjadinya proses komunikasi yang efektif. Komunikasi yang baik dan efektif akan menunjang jalannya proses pembelajaran di kelas sehingga tidak menghambat proses pembelajaran. Kata Kunci: kesantunan berbahasa, interaksi belajar *****ABSTRACT***** This research aims to describe how the principles of language politeness form in student teaching and learning interactions at the Daya Utama Bekasi Health Vocational School. This research method is descriptive qualitative using content analysis techniques. The object of this research is the principle of politeness in the interaction of teachers and students at the Daya Utama Bekasi Health Vocational School. From this research, 191 pairs of utterances were found that contained the principle of politeness. At the meeting in class XI Pharmacy, there were 63 pairs of utterances that were found to be polite. Then, in class XI Nursing, 59 pairs of utterances were found to be polite. Meanwhile, in class X Pharmacy there were 69 pairs of utterances that were found to contain politeness. Of the 191 pairs of utterances, 13 pairs of utterances contain the maxim of wisdom, 6 pairs of utterances contain the maxim of generosity, 51 pairs of utterances contain the maxim of appreciation, 5 pairs of utterances contain the maxim of simplicity, 111 pairs of utterances contain the maxim of consensus, and 5 pairs of utterances that contain the Sympathy maxim. Overall, the maxim of consensus is often used in the teaching and learning process at Daya Utama Bekasi Health Vocational School. Both teachers and students will often maximize agreements with their interlocutors for the sake of an effective communication process. Good and effective communication will support the learning process in class so that it does not hinder the learning process. Keywords: language politeness, learning Interactions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. 2. Dr. Nurita Bayu Kusmayati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 25479 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2024 23:40
Last Modified: 18 Aug 2024 23:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50208

Actions (login required)

View Item View Item