PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN

MIXEL FEBRIANA SIANTURI, . (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Peta Pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage random sampling. Tahap pertama yang dilakukan, yaitu dengan menggunakan Purposive Sampling. Tahap kedua dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI 2 dan XI-3 di SMA Negeri 44 Jakarta.Kemampuan berpikir kreatif siswa diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu 25 soal essai pada materi jaringan tumbuhan yang telah valid dan reliabel. Uji hipotesis menggunakan uji t dan hasilnya mengindikasikan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan peta pikiran berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi jaringan tumbuhan. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. This research aims to determine the effect of the Problem Based Learning model with Mind Maps on students' creative thinking abilities. The method used is a quasiexperimental method with a pretest-posttest non-equivalent group design. The sampling technique used by this research is multistage random sampling. The first stage carried out was using Purposive Sampling. The second stage uses Cluster Random Sampling. The research sample was students in class XI-2 and XI-3 at SMA Negeri 44 Jakarta. Students' creative thinking abilities were measured using a research instrument, namely 25 essay questions on plant tissue material that were valid and reliable. Hypothesis testing used the t test and the results indicated that the Problem Based Learning model with mind maps had an effect on students' creative thinking abilities on plant tissue material. The application of the Problem Based Learning model can be used as a recommendation to improve students' creative thinking abilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ratna Dewi Wulaningsih, M.Si. 2) Nailul Rahmi Aulya, S.Si.,M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 25368 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:04
Last Modified: 19 Aug 2024 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50223

Actions (login required)

View Item View Item