NABILA FARAHMI, . (2024) PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR BERBASIS PENDEKATAN KONSEPTUAL SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (400kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam mempelajari suatu konsep fisika, siswa diharapkan dapat memahami dan membangun korelasi antara konsepsi yang dibangun dengan pengalaman belajar mereka. Akan tetapi, masih terdapat sebagian siswa yang memiliki konsepsi berbeda dengan konsepsi ilmiah dari para ilmuwan, sehingga diperlukan upaya untuk mengurangi miskonsepsi siswa menggunakan pendekatan konseptual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan komik fisika pada materi perpindahan kalor berbasis pendekatan konseptual sebagai bahan pengayaan belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, perencanaan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Dilakukan uji validasi menggunakan instrumen berupa angket yang berisi rubrik penilaian untuk memvalidasi produk oleh para ahli, dan diukur menggunakan skala Likert dengan rentang skor 1-4. Komik fisika ini telah melalui tahap uji validasi dengan hasil sebesar 96,64% untuk materi, 100% untuk media, dan 94,4% untuk pembelajaran. Uji coba penggunaan produk dilakukan terhadap siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 27 Jakarta dalam skala terbatas. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa pengembangan komik fisika dapat digunakan dengan layak untuk membantu pemahaman konsepsi siswa SMA kelas XI pada materi perpindahan kalor.*****In learning a physics concept, students are expected to understand and build a correlation between the conceptions that have been built with their learning experiences. However, some students still have different conceptions from the scientific conceptions of scientists, so it is necessary to take an action to reduce student misconceptions using a conceptual approach. The purpose of this research is to develop a physics comic on the subject of heat transfer based on a conceptual approach as an enrichment material in student learning. This research method has used the ADDIE model which consists of five stages: analyze, design, develop, implement and evaluate. A validation test was conducted using a questionnaire instrument containing an assessment rubric to validate the product by experts, and it was measured using a Likert scale with a score range of 1-4. The physics comic has gone through the validation test stage with the results of 96.64% in terms of study material, 100% in terms of media, and 94.4% in terms of learning. The pilot test for product use was conducted on second grade MIPA students at SMA Negeri 27 Jakarta on a limited scale. The results of this study have obtained that the development of physics comics can be used properly to help understand the conceptions of second grade high school students on the subject of heat transfer.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. I Made Astra, M.Si. ; 2). Upik Rahma Fitri, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nabila Farahmi . |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 00:23 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 00:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50298 |
Actions (login required)
View Item |