ULFA FARIDIYAWATI, . (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SEKOLAH MTsN 31 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (416kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 31 Jakarta. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTsN 31 Jakarta, dengan sampel sebanyak 32 siswa VII-4 sebagai kelas kontrol dan 32 siswa VII-6 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah penilaian akhir dengan memberikan 20 pertanyaan di akhir kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan tingkat signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji analisis data yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji lilieforse dengan nilai 0,200 untuk kelas eksperimen dan 0,149 untuk kelas kontrol yang lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji F dengan nilai signifikansi 0,137 > 0,05. Selain itu juga dilihat dari rata-rata hasil postes menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing sebesar 86,72 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Sedangkan dengan menggunakan metode tanya dan jawab diperoleh rata-rata nilai hasil post test sebesar 77,75 dengan skor terbesar 94 dan skor terendah 52. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh t hitung 3,22 > t tabel 1.997. Sehingga diketahui t uji lebih besar dari t tabel yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan metode Teams Games Tournament terhadap keterampilan menulis bahasa Arab siswa dan terdapat perbedaan keterampilan menulis bahasa Arab siswa yang diajar dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing mempunyai nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode tanya dan jawab. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing Keterampilan Menulis. *****ABSTRACT***** This research aims to determine the effect of the Snowball Throwing Cooperative Learning Method on the Learning Outcomes of Arabic Writing Skills of class VII MTsN 31 Jakarta students. The learning method used in this research is the Snowball Throwing Cooperative Learning Method. This research is an experimental research with a type of quasi-experimental design posttest only control design. The research population was all MTsN 31Jakarta students, with a sample of 32 VII-4 students as the control class and 32 VII-6 students as the experimental class. The sampling technique was carried out using Purposive Sampling. The instrument used is a final assessment by giving 20 questions at the end of the activity. The data analysis technique used is descriptive statistics and the hypothesis test used is a t test with a significance level of 0,05. Before the hypothesis test was carried out, a data analysis test was carried out, namely a normality test using the Lilieforse test with a value of 0,200 for the experimental and 0,149 for the control class which is greater than the significance level of 0,05. The homogeneity test uses the F test with significance values of 0,137 > 0,05. In addition, it can also be seen from the average post-test results using the Cooperative Snowball Throwing learning method of 86,72 with the highest score of 100 and the lowest score of 60. Meanwhile, using the question and answer method, the average value of the post-test results was 77,75 with the largest score of 94 and the lowest score of 52. This is evidenced by the test results using the t test at the significance level of 0.05 obtained t count 3,22 > t table 1,997. So it is known that t test greater than t table, which means the research hypothesis is accepted. Thus there is an influence significance of the Teams Games Tournament method on students' Arabic writing skills and there are differences in Arabic writing skills of students taught by the the Snowball Throwing Cooperative Learning Method have an average score higher than students taught by the question and answer learning method. Keywords: Cooperative Learning Methods, Snowball Throwing, Writing Skills
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Fatwa Arifah, M.A.Pd. 2) Dr. Puti Zulharby, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 25526 not found. |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 01:11 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 01:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50327 |
Actions (login required)
View Item |