PEMANFAATAN MUSEUM BAHARI DI JAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH

NOVITASARI, . (2020) PEMANFAATAN MUSEUM BAHARI DI JAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pemanfaatan Museum Bahari di Jakarta sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan/ Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei melalui penyebaran angket. Jawaban dari responden dideskripsikan dalam bentuk tabulasi frekuensi atau persentase yang diperoleh dari penyebaran angket. Populasi penelitian adalah pengunjung siswa kelas X SMKN 26 Jakarta, siswa kelas XI SMKN 60 Jakarta, dan siswa kelas XII SMAN 84 Jakarta. Dengan jumlah responden sebanyak 54 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampel purposive Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Museum Bahari di Jakarta sebagai sumber belajar sejarah sudah baik. Hal ini didukung dengan data sebesar sebanyak (100%) menyatakan Museum Bahari dapat membantu siswa dalam memahami materi, 100% Koleksi yang ada di Museum Bahari memiliki keterkaitan dengan materi pembelajaran Indonesia pada masa Kolonialseme yang mempelajari kedatangan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda) di Indonesia, sebesar 72,23% mereka menyatakan bahwa tidak terdapat kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan Museum Bahari. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Museum Bahari sebagai sumber belajar sejarah sangat membantu dalam proses pembeljaran sejarah. This study aims to obtain empirical data about utilization of Museum Bahari in Jakarta as history learning sources for high school students or vocational high school. This study uses a descriptive method with survey techniques through questionnaires. Answers from respondents are described in the form of frequency tabulations or percentages obtained from questionnaires. The Study population was visitors students in class X at SMKN 26 Jakarta, students in class XI at SMKN 60 Jakarta, students in class XII at SMAN 84 Jakarta. With the number of respondents as many as 54 students obtained using purposive sample Based on the results of the study showed that the use of Museum Bahari in Jakarta As History Learning Sources is good. This is supported by data of 100% can help students understand the material. 100% of the collections in Museum Bahari are related to Indonesian learning material during colonialism which studied the arrival of Europeans ( Portuguese, Spanish, English, and Dutch) in Indonesian. 72,3% of them stated that no constraint that faced in Utilization of Museum Bahari. So it can be concluded that utilization of Museum Bahari as history learning sources is very helpful in the process of learning history.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M. ; 2). Dra. Corry Iriani R, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sejarah > Kumpulan Peristiwa Tertentu
Ilmu Sejarah > Kronologis Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 1437 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2020 16:10
Last Modified: 06 Mar 2020 16:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5036

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item