PEMBELAJARAN KOORDINASI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII SMP KOSGORO BOGOR

OLIFIAH ZULENZKY, . (2020) PEMBELAJARAN KOORDINASI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII SMP KOSGORO BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
cover pdf.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pembelajaran koordinasi berbasis permainan pada siswa kelas VII SMP Kosgoro. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini yaitu kelas VII SMP Kosgoro Bogor yang terdiri dari 90 orang dari 3 kelas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode research and development, yaitu dengan memberikan tindakan khusus kepada subjek untuk pembelajaran koordinasi berbasis permainan, adapun beberapa pembelajaran yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan yaitu: melalui metode penelitian research and development dengan membuat pembelajaran dalam bentuk permainan untuk meningkatkan minat anak dalam mempelajari koordinasi yang menyenangkan pada siswa kelas VII SMP Kosgoro Bogor. Hasil dari penelitian tindakan ini akan menghasilkan produk desain latihan yang lengkap dan lebih spesifikasi ke cabang olahraga atletik. Penelitian ini dilakukan selama 2 kali. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa pembelajaran koordinasi berbasis permainan. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di lapangan ditemukan bahwa 80% siswa belum mengenal kata koordinasi. Dari hasil validasi oleh ahli materi dengan rata-rata sebesar 88,89%, Hasil uji coba skala kecil kemudahan siswa dengan rata – rata sebesar 86,4%. Hasil uji coba skala kecil kemenarikan siswa dengan rata – rata sebesar 88,8%. Hasil uji coba skala besar kemudahan siswa dengan rata – rata sebesar 86,4%. Hasil uji coba skala besar kemenarikan siswa dengan rata – rata sebesar 90,53%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dibuat dinilai “sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan pembelajaran koordinasi. Hasil ini dirancang sebagai bahan ajar penunjang untuk pembelajaran berbasis Permainan. This study aims to learn game-based coordination in class VII students of Kosgoro Junior High School. As for the subjects of this study, they are class VII Bogor Kosgoro Junior High School consisting of 90 people from 3 classes. The method used in this study is the method of research and development, namely by providing specific actions to the subject for game-based coordination learning, while some learning is produced. Based on the results of the study, it can be concluded that: through research and development research methods by making learning in the form of games to increase children's interest in learning fun coordination in class VII students of Kosgoro Junior High School Bogor. The results of this action research will produce a complete exercise design product and more specifications to the athletics. This research was conducted 2 times. This research was conducted to produce a product in the form of game-based coordination learning. The results of preliminary observations made by researchers in the field found that 80% of students were not familiar with the word coordination. From the results of validation by material experts with an average of 88.89%, the results of small-scale trials of student convenience with an average of 86.4%. The results of small-scale trials attract students with an average of 88.8%. The results of large-scale trials of student convenience with an average of 86.4%. The results of large-scale trials attract students with an average of 90.53%. Based on the research results, it can be concluded that the learning made is considered "very good and worthy of being used as learning coordination material. These results are designed as supporting teaching materials for Game-based learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Mustara Musa M.Pd. ; 2). Dr. Wahyuningtyas Puspitorini, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 1611 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 15:48
Last Modified: 11 Mar 2020 16:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5051

Available Versions of this Item

  • PEMBELAJARAN KOORDINASI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII SMP KOSGORO BOGOR. (deposited 11 Mar 2020 15:48) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item