PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN STASIONER KELAS XI SMA

MUHAMAD APRIANSYAH RAMADHAN., . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN STASIONER KELAS XI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat animasi 2D sebagai media pembelajaran yang efektif untuk mata pelajaran Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner untuk siswa SMA kelas XI. Animasi ini dirancang untuk menjadi sumber belajar yang dapat menyajikan konsep konsep yang kompleks dengan cara yang menarik secara visual dan mudah dimengerti, sehingga meningkatkan pengalaman belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan media pembelajaran yang layak dan menarik untuk pembelajaran Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner. Metodologi penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development), mengikuti model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pembuatan ani masi melibatkan penggunaan berbagai perangkat lunak seperti Manim untuk animasi, Kdenlive untuk pengeditan video, dan Audacity untuk pengolahan audio. Video pembelajaran ini telah melalui tahap uji kelayakan dengan persentase ahli materi 90% dan ahli media 96,93%. Uji coba video ini dilakukan terhadap 38 peserta didik kelas XI SMA dengan persentase yang diperoleh yaitu 92%, menunjukkan bahwa video animasi 2D untuk materi gelombang berjalan dan stasioner sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini diharapkan berkontribusi pada pengembangan media pembelajaran fisika, terutama untuk topik Gelombang Berjalan dan Stasioner, serta menjadi acuan untuk pengembangan media serupa di masa depan. ***** This study aims to create 2D animations as effective learning media for the subject of Traveling Waves and Standing Waves for 11th grade high school students. The animations are designed to be a learning resource that presents complex concepts in an engaging and visually appealing way, making them easy to understand and enhancing the students' learning experience. This research is expected to provide a viable and attractive learning medium for teaching Traveling Waves and Standing Waves. The research methodology used is R&D (Research and Development), following the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). The creation of the animations involves using various software such as Manim for animations, Kdenlive for video editing, and Audacity for audio processing. The learning videos have undergone eligibility tests with a percentage of 90% from subject matter experts and 96.93% from media experts. The video trial was cond ucted with 38 11th grade high school students, yielding a percentage of 92%, indicating that the 2D animation video for the topics of Traveling and Standing Waves is highly suitable for use as learning media. This research is expected to contribute to the development of physics learning media, particularly for the topics of Traveling and Standing Waves, and to serve as a reference for the development of similar media in the future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si. 2). Prof. Dr. Sunaryo, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhamad Apriansyah Ramadhan .
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:41
Last Modified: 23 Aug 2024 05:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50511

Actions (login required)

View Item View Item