AILSA NABILA AMBIYA, . (2024) PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2020. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (860kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta angkatan 2020 sebanyak 103 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dengan persamaan regresi Ŷ = 14,601 + 0,903 X dan perolehan koefisien determinasi sebesar 0,721 atau 72,1%. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t didapatkan hasil thitung > ttabel yaitu 16,168 > 1,659 dan hasil signifikansi 0,000 < 0,005. Sehingga dinyatakan variabel praktik kerja lapangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta angkatan 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kerja lapangan dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam memberikan kesiapan kerja bagi mahasiswa. Oleh sebab itu, Program Studi Manajemen Pendidikan harus senantiasa melakukan evaluasi dalam penyelenggaraan praktik kerja lapangan sehingga dapat meningkatkan kualitas program kedepannya agar dapat meningkatkan kesiapan kerja bagi mahasiswa. Kata kunci: Praktik Kerja Lapangan, Kesiapan Kerja, Program Pendidikan ***** The aim of this research is to find out how significant the influence of field work practice is on student work readiness. The sample for this research was 103 students from the Education Management Study Program at Jakarta State University class of 2020. Sampling using techniques Proportional Random Sampling using the Slovin formula. The data collection technique uses a questionnaire with a Likert scale. Hypothesis testing was carried out using simple linear regression analysis with the regression equation Ŷ = 14.601 + 0.903 X and obtained a coefficient of determination of 0.721 or 72.1%. From the results of hypothesis testing using the t test, the results obtained were tcount > ttable namely 16.168 > 1.659 and the significance result is 0.000 < 0.005. So it is stated that the field work practice variable has a positive and significant influence on the work readiness of students in the Education Management Study Program, Jakarta State University class of 2020. The research results show that field work practice can be used as an effort to provide work readiness for students. Therefore, the Education Management Study Program must always carry out evaluations in the implementation of field work practices so that it can improve the quality of the program in the future in order to increase work readiness for students. Keywords: Field Work Practices, Work Readiness, Education Program
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sugiarto, M.A. ; 2). Dr. Matin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 22843 not found. |
Date Deposited: | 25 Aug 2024 22:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2024 22:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50557 |
Actions (login required)
View Item |