PENGARUH METODE ASTUTI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA KELAS VIII SMPN 4 TAMBUN UTARA

VANESHA NABILAH, . (2024) PENGARUH METODE ASTUTI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA KELAS VIII SMPN 4 TAMBUN UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Keterampilan menulis teks drama menjadi salah satu keterampilan yang masih sulit diupayakan keefektifanya dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 4 Tambun Utara, dalam pembelajaran menulis teks drama siswa mengalami kesulitan dalam menentukan alur dan mengembangkan ide untuk menulis teks drama. Selain itu, pemilihan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan materi pembelajaran juga berdampak pada kepenulisan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode ASTUTI terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambun Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pretest - Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagain kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode ASTUTI terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambun Utara. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pretest-posttest pada kelas eksperimen. Nilai rata-rata pada saat pretest adalah 58, sedangkan pada posttest mendapatkan nilai sebesar 82. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 23.0. Uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov) pada pretest dan posttest kelas eksperimen mendapatkan nilai Sig. 0,200 > 0,050. Maka dinyatakan data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan rata-rata (based on mean) memperoleh nilai Sig. 0,966 > 0,050. Maka dinyatakan data bersifat homogen yang berarti H₀ ditolak dan H₁ diterima. Uji hipotesis yang dilakukan menunjukan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,050, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil di atas, metode ASTUTI dapat dijadikan metode pembelajaran yang digunakan untuk menunjang kemampuan menulis teks drama melalui pengalaman proses kreatif dan apresiasi satra yang terbimbing. Selain itu dapat diimplementasikan untuk materi pembelajaran teks puisi pada kompetensi dasar 3.8 dan 4.8. Kata Kunci : Metode ASTUTI, keterampilan menulis, teks drama *****ABSTRACT***** The skill of writing drama text is one of the skills that is still difficult to be effective in learning. Based on observations at SMPN 4 Tambun Utara, in learning to write drama texts, students have difficulty in determining the plot and developing ideas for writing drama texts. In addition, the selection of learning methods that are not in accordance with the learning material also has an impact on student writing. This study aims to determine the effect of the ASTUTI method on the ability to write drama texts of grade VIII students of SMP Negeri 4 Tambun Utara. This study used a quantitative experimental method with a Pretest - Posttest Control Group Design research design. The sample of this study was taken using Simple Random Sampling technique so that class VIII-5 was selected as the experimental class and class VIII-4 as the control class with a total of 30 students in each class. The results of data analysis show that there is an effect of using the ASTUTI method on the ability to write drama texts of class VIII students of SMP Negeri 4 Tambun Utara. This can be seen from the comparison of the average pretest-posttest scores in the experimental class. The average value at the time of the pretest was 58, while the posttest got a value of 82. The data analysis prerequisite test was carried out with the help of SPSS 23.0. The normality test (Kolmogorov-Smirnov) on the pretest and posttest of the experimental class got a Sig. 0,200 > 0,050. So it is stated that the data is normally distributed. The homogeneity test shows the average (based on mean) obtained a Sig value. 0,966 > 0,050. Then it is stated that the data is homogeneous, which means H₀ is rejected and H₁ is accepted. The hypothesis test conducted shows the result of Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.050, so there is a significant difference between pretest and posttest scores. Based on the above results, the ASTUTI method can be used as a learning method used to support the ability to write drama texts through guided creative process experiences and appreciation of satra. In addition, it can be implemented for poetry text learning materials on basic competencies 3.8 and 4.8. Keywords: ASTUTI method, writing skills, drama texts

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. 2) Etsa Purbarani , M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Vanesha Nabilah .
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:33
Last Modified: 29 Aug 2024 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50631

Actions (login required)

View Item View Item