THE ANALYSIS OF COLLABORATION SKILLS IN THE ENGLISH TEXTBOOK FOR ELEVEN GRADERS OF SENIOR HIGH SCHOOL

RAUSHA FIKRIAH SABILAH PUTRI, . (2024) THE ANALYSIS OF COLLABORATION SKILLS IN THE ENGLISH TEXTBOOK FOR ELEVEN GRADERS OF SENIOR HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
REFERENSI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Keterampilan kolaborasi sebagai salah satu kompetensi abad ke-21 yang dibutuhkan dapat dipromosikan melalui penggunaan buku teks bahasa Inggris dalam pembelajaran bahasa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi indikator-indikator keterampilan kolaborasi dan menganalisis bagaimana indikator-indikator tersebut direpresentasikan dalam buku pelajaran Bahasa Inggris "Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI" yang dirancang untuk siswa kelas XI SMA di Indonesia. Sebagai penelitian kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis indikator-indikator keterampilan kolaborasi di seluruh kegiatan pembelajaran dalam buku teks tersebut dengan menerapkan analisis konten dan menggunakan Kerangka Kerja KSAVE yang dikembangkan oleh Griffin dkk. (2012). Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam 5 bab, 70 dari 144 kegiatan pembelajaran ditemukan menggabungkan keterampilan kolaborasi di mana aspek keterampilan menjadi yang paling banyak diwakili dengan 49% dan aspek pengetahuan menjadi yang paling sedikit dengan hanya 19%. Studi ini mengungkapkan bahwa kolaborasi disajikan melalui berbagai kegiatan seperti diskusi kelompok, debat, dan proyek kelompok, dengan Bab 2 menunjukkan persentase kegiatan kolaboratif tertinggi sebesar 64% dan Bab 4 yang terendah dengan hanya 36%. Diskusi kelompok menjadi instruksi yang paling banyak diidentifikasi mengandung keterampilan kolaborasi karena sekitar 35 kegiatan pembelajaran mengandung hal ini. Temuan ini menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dalam buku teks ini sesuai sebagai panduan untuk mengintegrasikan pembelajaran kolaboratif secara efektif karena telah memuat indikator-indikator keterampilan kolaborasi. *****ABSTRACT***** Collaboration skill as one of the required 21st-century competences can be promoted through the use of English textbooks in language learning. Therefore, this study aims to identify indicators of collaborative skills and to analyse how those indicators are represented in the English textbook "Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI" designed for eleventh graders of senior high school in Indonesia. As qualitative study, this research identifies and analyses indicators of collaboration skills across the textbook's learning activities by applying content analysis and utilizing the KSAVE Framework in which developed by Griffin et al. (2012). This study shows that within 5 chapters, 70 out of 144 learning activities were found to incorporate collaboration skills in which the skill aspect being the most represented with 49% and the knowledge aspect being the least with only 19%. The study reveals that collaboration is presented through various activities such as group discussions, debates, and group projects, with Chapter 2 showing the highest percentage of collaborative activities as 64% and Chapter 4 the lowest with only 36%. Group discussion became the most identified instruction incorporated with collaboration skill as around 35 learning activities contained this. The findings summarize that learning activity in this textbook is appropriate as a guide to integrate collaborative learning effectively since they have contained indicators of collaboration skill.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Rika Andayani, M.Pd ; 2) Imas Wahyu Agustina, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rausha Fikriah Sabilah Putri .
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:21
Last Modified: 29 Aug 2024 04:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50647

Actions (login required)

View Item View Item