Pengembangan Media Pembelajaran BOTAPET Pengenalan Karakter Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Untuk Menciptakan Kelas Ramah Anak Usia 4-5 Tahun

SELVA ANUGRAHA, . (2024) Pengembangan Media Pembelajaran BOTAPET Pengenalan Karakter Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Untuk Menciptakan Kelas Ramah Anak Usia 4-5 Tahun. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media BOTAPET untuk mengenalkan karakter budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dalam menciptakan kelas ramah anak usia 4- 5 tahun. Mengenalkan karakter budaya 5S dapat dilakukan melalui cerita boneka tangan, dengan menggunakan boneka tangan, pendidik dan orang tua dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga anak lebih mudah memahami dan menerapkan nilai-nilai karakter yang positif dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Sasaran usia anak pada penelitian ini adalah 4-5 tahun dan dengan dilakukan penilaian media dan materi oleh ahli. Berdasarkan hasil uji validitas ahli media diperoleh persentase 91,6% dengan kategori sangat layak, kemudian hasil uji validitas ahli materi diperoleh persentase 92,5% dengan kategori sangat layak dan hasil uji coba kepada pengguna diperoleh persentase 85% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media BOTAPET efektif digunakan untuk mengenalkan karakter budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dalam menciptakan kelas ramah anak usia 4-5 tahun.***** This research is a development research that aims to develop BOTAPET media to 5S cultural character recognition (smile, say hello to, greeting, polite, good manners) in creating children friendly classes aged 4-5 years. Know the 5S cultural character through a puppet, using puppet teacher or parents can create a fun, interactive learning, so that the children understand and apply positive character values in everyday life. This study uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The target age of the children in this study was 4-5 years and the media and materials were assessed by experts. Based on the results of the media expert validity test, the percentage of 91.6% was obtained in the very feasible category, then the material expert validity test results obtained a percentage of 92,5% in the very feasible category and the results of testing to users obtained a percentage of 86% in the very feasible category. Based on the results of the research that BOTAPET media is effectively used to 5S cultural character recognition (smile, say hello to, greeting, polite, good manners) in creating children friendly classes aged 4-5 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Wulan, M.Si. 2). Prof. Dr. R Sri Martini Meilanie, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Selva Anugraha .
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:16
Last Modified: 30 Aug 2024 04:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50683

Actions (login required)

View Item View Item