STRATEGI PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN ABACUS (Studi Evaluatif di Lembaga RST Denpasar Bali)

NI KETUT ERAWATI, . (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN ABACUS (Studi Evaluatif di Lembaga RST Denpasar Bali). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi strategi pembelajaran berhitung untuk anak usia 5-6 tahun dengan abacus di Lembaga RST Denpasar Bali. Evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Penelitian merupakan evaluation research menggunakan exploratory sequential mix methode yang melibatkan pengelola, lembaga, guru, dan orangtua siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang dilengkapi dengan survey untuk mengetahui respon evaluatif orangtua terhadap keberlangsungan pembelajaran dalam kajian CIPP. Analisis data menggunakan analisis triangulasi dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil temuan dan pembahasan kualitatif dikuatkan dengan temuan dan pembahasan kuantitatif. Evaluasi strategi pembelajaran berhitung untuk anak usia 5-6 tahun dengan abacus di Lembaga RST Denpasar menunjukkan bahwa meskipun terdapat peningkatan keterampilan berhitung pada anak, ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Lembaga RST belum memiliki pedoman pembelajaran khusus yang selaras dengan kurikulum PAUD, dan kurikulum yang digunakan tidak sepenuhnya sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia dini. Proses pembelajaran kurang interaktif dan tidak memperhatikan karakteristik pembelajaran anak usia dini, seperti bermain, serta waktu pembelajaran yang terlalu lama berpotensi menimbulkan kejenuhan. Meskipun hasil pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan, masih diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam standar evaluasi dan penyesuaian pendekatan agar lebih holistik dan sesuai dengan kebutuhan anak. Kata Kunci: Evaluasi, Strategi Pembelajaran, Abacus, Konsep berhitung, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd. 2). Dr. Sri Wulan, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Sains > Matematika
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 25612 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2024 00:53
Last Modified: 03 Sep 2024 00:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50752

Actions (login required)

View Item View Item