ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGENAI IKATAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING

Rizky Saputra, . (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGENAI IKATAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Final Skripsi_Rizky Saputra akhir 2[1]-1-14.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Final Skripsi_Rizky Saputra akhir 2[1]-15-19.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Final Skripsi_Rizky Saputra akhir 2[1]-20-36.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
Final Skripsi_Rizky Saputra akhir 2[1]-37-44.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
Final Skripsi_Rizky Saputra akhir 2[1]-45-92.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Final Skripsi_Rizky Saputra akhir 2[1]-93-94.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
Final Skripsi_Rizky Saputra akhir 2[1]-95-98.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Final Skripsi_Rizky Saputra akhir 2[1]-99-208.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

RIZKY SAPUTRA. Analisis Pemahaman Konsep Siswa mengenai Ikatan Kimia melalui Model Pembelajaran Generative Learning. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa mengenai ikatan kimia melalui model pembelajaran Generative Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MAN 3 Jakarta kelas 10-2 pada semester genap dengan melibatkan sebanyak 34 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berasal dari Diagram siswa, penjelasan diagram, wawancara, reflektif jurnal, lembar observasi, dan catatan peneliti. Terhadap 6 tahap pembelajaran generative learning yaitu pemetaan konsep, menjelaskan, memprediksi, menanya, menguji, dan menggambar. Data yang dihasilkan pada model pembelajaran ini bersumber pada tahap menggambar yaitu siswa membuat diagram siswa sebagai data utama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 91% siswa dapat membuat diagram siswa ikatan kovalen dengan baik. Sedangakan pada materi ikatan hidrogen sebanyak 74% siswa paham materi yang diajarkan. Dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Generative Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa mengenai Ikatan Kimia melaui analisa diagram dalam menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Ikatan kimia, Pemahaman Konsep, Generative Learning   ***** RIZKY SAPUTRA. Analysis of Students' Conceptual Understanding of Chemical Bonding through the Generative Learning Model. Thesis, Chemistry Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Jakarta State University. July 2024. This research aims to analyze students' understanding of the concept of chemical bonds through the Generative Learning learning model. The research method used is a qualitative method. The research was carried out at MAN 3 Jakarta class 10-2 even semester involving 34 students. The data collected in this research came from student diagrams, explanatory diagrams, interviews, reflective journals, observation sheets, and researcher notes. Generative learning has 6 stages, namely concept mapping, explaining, predicting, asking, testing and drawing. The data produced in this learning model comes from the drawing stage, namely students create student diagrams as the main research data. The results showed that 91% of students could make covalent bond diagrams well. Meanwhile, in the hydrogen bond material, 74% of students understood the material taught. The results of this research show that the Generative Learning learning model can improve students' conceptual understanding of Chemical Bonds through diagram analysis in analyzing students' conceptual understanding abilities. Keywords: Chemical bonds, Understanding of Concepts, Generative Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Erdawati., M.Sc 2. Elsa Vera Nanda., M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rizky Saputra .
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:25
Last Modified: 09 Sep 2024 05:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50761

Actions (login required)

View Item View Item