PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL ELEKTRONIK MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS III SEKOLAH DASAR BERBASIS PEMECAHAN MASALAH

RONI ESTER FITRI SIMANJUNTAK, . (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL ELEKTRONIK MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS III SEKOLAH DASAR BERBASIS PEMECAHAN MASALAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar modul elektronik bilangan pecahan untuk kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Pondok Kelapa 05 Pagi. Teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara dan angket. Produk yang telah dikembangkan akan diserahkan kepada para ahli yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi, untuk menguji kualitas dan kelayakan dari bahan ajar modul ini. Hasil persentase yang diperoleh yaitu ahli media 97,5%, ahli Bahasa 72,2% dan ahli materi 89,5%. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Persentase kelayakan dari bahan ajar modul elektronik ini mencapai 86,4% dengan kriteria sangat baik. Bahan ajar modul yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh peserta didik sebagai bahan ajar untuk belajar secara mandiri dan diharapkan bahan ajar ini mampu meningkatkan motivasi belajar matematika kelas III terutama pada materi pecahan. ***** This research and development aims to develop a product in the form of teaching materials in the form of electronic modules of fractional numbers for grade III elementary school. The research method used is research and development (R&D), with a 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). The subjects in this study were III grade students of SDN Pondo Kelapa 05 Pagi. Data collecting techniques using observation, interviews, and questionnaires. Products that have been developed will be submitted to experts, namely media experts, linguists and material experts, to test the quality and feasibility of this module teaching material. The percentage results obtained are media experts 97,5%, language experts 72,2% and material experts 89,5%. The results of this development research show that the developed electronic module is suitable for use in learning. The percentage of feasibility of this electronic teaching material reached 86,4% with very good criteria. The module teaching materials developed are expeted to be used by students as teaching materials for self-study and this teaching material is expected to increase the motivation to learn grade III mathematics, especially on fraction materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang M Kurnianti, M.Ed.; 2). Imaningtyas, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25693 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2024 23:54
Last Modified: 12 Sep 2024 23:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50927

Actions (login required)

View Item View Item