PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X SMKN 49 JAKARTA UTARA

NUR MUHAMMAD, . (2024) PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X SMKN 49 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga dan efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMKN 49 Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data dengan skala Likert. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 49 Jakarta Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dan diperoleh sebanyak 163 responden. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda yang dibantu menggunakan pengolahan data SPSS 25.9. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa dengan thitung (4,738) dan nilai signifikansi (0,000). Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa dengan thitung (7,851) dan nilai signifikansi (0,000). Terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan keluarga dan efikasi diri secara simultan terhadap motivasi belajar siswa dengan Fhitung (107,712) dan nilai signifikansi (0,000). Dukungan keluarga dan efikasi diri secara simultan memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 57,4%, sedangkan sisanya 42,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Dukungan Keluarga, Efikasi Diri, Motivasi Belajar ************ ABSTRACT This research aims to determine the influence of family support and self-efficacy on students' learning motivation in class X SMKN 49 North Jakarta. This research uses quantitative methods and uses a questionnaire as data collection with a Likert scale. The population in this study were class X students at SMKN 49 North Jakarta. Sampling used the Proportional Random Sampling technique and obtained 163 respondents. Hypothesis testing uses multiple linear regression assisted by using SPSS 25.9 data processing. The research results show that there is a positive and significant influence of family support on students' learning motivation with tcount (4.738) and significance value (0.000). There is a positive and significant influence of self-efficacy on student learning motivation with tcount (7.851) and significance value (0.000). There is a positive and significant influence of family support and self-efficacy simultaneously on student learning motivation with Fcount (107.712) and significance value (0.000). Family support and self-efficacy simultaneously influence student learning motivation by 57.4%, while the remaining 42.6% is influenced by other variables not studied. Keywords: Family Support, Self-Efficacy, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Corry Yohana, MM. ; 2). Nadya Fadillah Fidhyallah, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Users 25153 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2024 00:56
Last Modified: 23 Sep 2024 22:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50961

Actions (login required)

View Item View Item