SELIMUT PINTAR DENGAN TEKNIK CROCHET SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF ANAK USIA DINI

DAYANG RAFIDAH, . (2022) SELIMUT PINTAR DENGAN TEKNIK CROCHET SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Dayang Rafidah_2415150510_Laporan Skripsi Penciptaan Karya Seni Rupa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Gadget pada anak usia dini sekarang lebih sering digunakan untuk bermain game. Sebaiknya kita sebagai orang tua membuat upaya sebaik mungkin agar anak dapat memaksimalkan teknologi yang sudah ada untuk digunakan sebagai sarana belajar yang cukup bermanfaat dan menyenangkan. Anak-anak akan lebih bersemangat belajar apabila media bermainnya menarik, menggunakan warna yang cerah, terdapat kegiatan yang membuat anak menggerakkan tubuhnya, dan tidak membosankan. Untuk itu diperlukan permainan alternatif yang dapat mengasah perkembangan anak. Teknik merenda (crochet) dapat menjadi salah satu alternatif teknik pembuatan alat permainan edukatif yang unik dan inovatif. Karakter khas dari teknik crochet menghasilkan produk yang lentur dan lembut sehingga aman jika dibuat menjadi permainan edukatif untuk anak. Perupa menyadari ada peluang dan tertantangan untuk membuat alat permainan edukatif berbentuk selimut yang dijadikan dalam penciptaan karya tugas akhir berjudul “Selimut Pintar dengan Teknik Crochet Sebagai Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini”. Teknik yang perupa gunakan adalah teknik tapestry crochet. *********************************************************** Gadgets in early childhood are usually used to play games. We as parents should maximize existing technology to be used as a learning tool that is quite useful and fun. Children will be more enthusiastic about learning if the playing media is interesting, uses bright colors. There are activities that make children move their bodies, and not boring. For this reason, alternative games that can hone children's development are needed. Crochet technique can be an alternative technique for making unique and innovative educational game tools. The distinctive character of the crochet technique produces a product that is flexible and soft so that it is safe for children. The artist realized that there was an opportunity and challenged him to make an educational game tool in the form of a blanket which was used in the creation of his final project entitled "Smart Blanket with Crochet Technique as an Early Childhood Educational Game Tool". The technique that the artist uses is tapestry crochet technique.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Mudjiati, M.Pd. ; 2). Ririn Despriliani, S.Pd., M.Si.
Subjects: Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Oct 2024 00:16
Last Modified: 03 Oct 2024 00:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51116

Actions (login required)

View Item View Item