PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU TRUTH OR DARE DALAM PEMBELAJARAN TARI DI GANDRUNG DANCE STUDIO KATEGORI USIA 26 – 45 TAHUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI.

ERIKA KHARISMA DAMAYANTI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN KARTU TRUTH OR DARE DALAM PEMBELAJARAN TARI DI GANDRUNG DANCE STUDIO KATEGORI USIA 26 – 45 TAHUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Erika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Erika-1-14.pdf

Download (706kB)
[img] Text
Skripsi Erika-15-23.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
Skripsi Erika-24-58.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
Skripsi Erika-59-77.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
Skripsi Erika-78-108.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
Skripsi Erika-109-112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
Skripsi Erika-113-116.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Skripsi Erika-117-151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan menjelaskan proses dan menganalisis hasil uji kelayakan pengembangan media pembelajaran tari berbasis permainan kartu Truth or Dare. Penelitian ini dilakukan karena tidak adanya media pembelajaran di Sanggar Gandrung Dance Studio, media permainan ini diberikan kepada orang dewasa usia 26-45 tahun, Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develpoment dengan menggunakan model 4D yang dikemukakan oleh S. Thiagarajan. terdapat 3 langkah yang dilakukan 1) pendefinisian; 2) perancangan; 3) pengembangan. Data dikumpulkan dengan teknik penumpulan data observasi, wawancara secara kualitatif, dan angket dianalisis secara kuantitatif. Hasil dari validasi para ahli dan respon peserta didik menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis permainan kartu Truth or Dare sangat layak dalam pembelajaran tari di Sanggar Gandrung Dance Studio, sehingga hasil belajar mencapai 86% menguasai materi tari yang diberikan dan kemampuan menari peserta didik meningkat. Kesimpulannya media permainan ini inovasi baru untuk digunakan dalam pembelajaran tari dapat membantu siswa belajar pengetahuan dan keterampilan menari. *********************************************************** This study aims to explain the process and analyze the results of the feasibility test for developing dance learning media based on the Truth or Dare card game. This research was conducted due to the absence of learning media at Sanggar Gandrung Dance Studio, this Game learning for adult category 26-45th . The research method used was Research and Development using the 4D model proposed by S. Thiagarajan. there are3 steps carried out 1) defining; 2) design; 3) development. Data were collected by means of data collection, observation, qualitative interviews, and quantitative analysis of questionnaires. The results of the validation of the experts and the responses of the students stated that the learning media based on the Truth or Dare card game was very appropriate in learning dance at Sanggar Gandrung Dance Studio, so that the learning outcomes reached 86% mastering the dance material provided and the students' dancing abilities increased. In conclusion, this game media is a new innovation to be used in dance learning can help students learn dance knowledge and skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. ; 2). Dr. Deden Haerudin, S.Sn., M.Sn.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:10
Last Modified: 03 Oct 2024 02:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51143

Actions (login required)

View Item View Item