FAISHAL MUHAMMAD HARISUDDIN, . (2022) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARI LINGKUNGAN PESANTREN DI MTS PESANTREN TAHFIDZ EKONOMI ISLAM AL – MULTAZAM, BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang pendidikan bahasa Arab dari lembaga ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian etnografi realistik dengan pengumpulan data. Dan observasi lapangan, dan masa depan, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini dilakukan oleh Institut Al-Multazam Ekonomi Islam di Bogor. Pencarian dimulai pada Agustus 2021 M. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Arab di lembaga ini dikelola dengan baik dan positif, baik untuk mengetahui kurikulum, tujuan, materi, metode, kegiatan dan alat peraga dalam pengajaran bahasa Arab. Kurikulum yang digunakan adalah Kementerian Agama dengan kurikulum Institut. Tujuan pengajaran bahasa Arab di lembaga ini adalah untuk mempelajari pengajaran bahasa Arab dari lingkungan kelembagaan di lembaga ini. Adapun materi ajar bahasa arab yaitu: pelajaran bahasa arab, tata bahasa dan morfologi yang jelas. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab adalah metode langsung, metode membaca, metode tata bahasa dan terjemahan, dan metode audio-verbal. Adapun sarana pendidikan yang digunakan adalah papan tulis dan buku-buku yang ditentukan, serta sebagai proyektor dan lab bahasa untuk mendengarkan Guru juga menggunakan metode evaluasi seperti puzzle untuk permainan bahasa dan lain-lain. *********************************************************** This research aims to obtain a clear description of the Arabic language education from this institute. This research uses the qualitative descriptive analysis method, which is a realistic ethnographic research with data collection. And field observation, and future, and documentation. Then this research was conducted by the Al-Multazam Institute for Islamic Economics in Bogor. The search began in August 2021 AD. The results of this research indicate that the teaching of Arabic language in this institute is well and positively managed, whether to know the curriculum, objectives, materials, methods, activities and teaching aids in teaching Arabic. The curriculum used is the Ministry of Religious Affairs with the curriculum of the Institute. The goal of teaching Arabic in this institute is to learn Arabic language teaching from the institutional environment in this institute. As for the teaching materials for the Arabic language, they are: Arabic language lessons, clear grammar and morphology. While the method used in teaching the Arabic language is the direct method, the method of reading, the method of grammar and translation, and the audio-verbal method. As for the educational means used, it is the blackboard and prescribed books, as well as the projector and the language lab for listening. The teacher also uses the evaluation method such as a puzzle for language games and others.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kamal, M.A. ; 2). Dr. Chakam Failasuf, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 03:56 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51147 |
Actions (login required)
View Item |