APLIKASI TAPESTRI PADA TOTE BAG MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING BAGI REMAJA USIA 13-15 TAHUN DI JALAN MASJID BENDUNGAN CAWANG

HABIBAH RINJANI, . (2022) APLIKASI TAPESTRI PADA TOTE BAG MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING BAGI REMAJA USIA 13-15 TAHUN DI JALAN MASJID BENDUNGAN CAWANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Pengkajian Habibah Rinjani 120661703_Print.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang ada di Jalan Masjid Bendungan Cawang Jakarta Timur ini ada pada kegiatan berkesian yang kurang terealisasi. Para peserta anak remaja kurang mendapatkan pengetahuan mengenai kerajinan tangan khsusunya tapestri. Hal tersebut dikarenakan kurangnya tenaga pelajar yang berminat melakukan pembelajaran langsung di masyarakat khususnya di Jalan Masjid Bendungan Cawang. Pengaplikasian tapestri pada totebag diperuntukan dapat bermanfaat sebagai benda terapan yang memiliki nilai seni. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran tapestri dengan alat dan bahan yang sudah tersedia; meningkatkan kreativitas anak remaja usia 13-15 tahun di Jalan Masjid Bendungan Cawang, memberikan pengalaman baru kepada anak remaja mengenai tapestri, mengembangkan efektifitas media PPT dan model pembelajaran Discovery Learning dalam kegiatan pembelajaran kerajinan tangan tapestri. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan partisipan berjumlah 5 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, dengan mendeskripsikan hasil pembelajaran dari kerajinan tangan tapestri. Penilaian karya kerajinan tangan tapestri dibagi menjadi 4 kategori yaitu: kategori sangat baik, kategori baik, kategori cukup baik, dan kategori kurang baik. Penilaian karya berdasarkan kemampuan kreativitas dan keterampilan anak dengan menggunakan tabel penilaian modifikasi Brent G. Wilson. Terdapat 15 hasil karya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran tapestri. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kemampuan dalam membuat kerajinan tangan tapestri pada anak remaja usia 13-15 tahun di Jalan Masjid Bendungan Cawang cukup berhasil dan perlu dikembangkan kembali lebih lanjut agar dapat dipelajari oleh banyak kalangan dan menjadi kegiatan pembelajaran atau pelatihan yang dapat direkomdendasikan sebagai kegiatan yang bermanfaat. ******************************************************* The problems that exist on Jalan Masjid Bendungan Cawang, East Jakarta, are in the unfortunate activities that have not been realized. The youth participants lacked knowledge about handicrafts, especially tapestry. This is due to the lack of student staff who are interested in direct learning in the community, especially on Jalan Masjid Bendungan Cawang. The application of tapestry to the tote bag is intended to be useful as an applied object that has artistic value. This study aims to provide tapestry learning with available tools and materials; increasing the creativity of teenagers aged 13-15 years at Jalan Masjid Bendungan Cawang, providing new experiences for teenagers about tapestry, developing the effectiveness of PPT media and the Discovery Learning learning model in tapestry handicraft learning activities. The study used descriptive qualitative methods with 5 participants. The data analysis technique used is descriptive analysis technique, by describing the learning outcomes of tapestry handicrafts. The assessment of tapestry handicrafts is divided into 4 categories, namely: very good category, good category, good enough category, and poor category. Assessment of work based on children's creativity and skills using a modified assessment table of Brent G. Wilson. There are 15 students' works in tapestry learning activities. The results of this study indicate that the ability to make tapestry handicrafts in adolescents aged 13-15 years at Jalan Masjid Bendungan Cawang is quite successful and needs to be further developed so that it can be studied by many people and become a learning or training activity that can be recommended as an activity that beneficial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Mudjiati, M.Pd. ; 2). Ririn Despriliani, S.Pd., M.Si.
Subjects: Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:50
Last Modified: 03 Oct 2024 04:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51161

Actions (login required)

View Item View Item