KHORI NADILA, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_KHORI NADILA_1709617014.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Penggunaan Gadget (X1) dan Lingkungan Teman Sebaya (X2) dengan Minat Belajar (Y) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tujuh bulan terhitung mulai bulan Februari sampai dengan bulan September 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah 199 siswa. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael, maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 127 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan nilai signifikansi variabel penggunaan gadget sebesar 0,059; nilai signifikansi variabel lingkungan teman sebaya sebesar 0,178; nilai signifikansi variabel minat belajar sebesar 0,379. Hasil uji linearitas nilai Deviation of Linearity variabel penggunaan gadget sebesar 0,802 dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 0,081; (2) Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolineartitas dan uji heterokedastisitas. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Tolerance sebesar 0,780 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,282 < 10. Hasil uji heterokedastisitas untuk variabel penggunaan gadget sebesar 0,486 > 0,05 dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 0,890 > 0,05; (3) Uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Ŷ = 3,163 + 0,475 X1 + 0,840 X2 ; (4) Uji hipotesis yang terdiri dari uji f dan uji t. Hasil uji f pada tabel ANOVA yaitu F hitung sebesar 67,952 > F tabel 3,07. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara bersama-sama antara Penggunaan Gadget (X1) dan Lingkungan Teman Sebaya (X2) dengan Minat Belajar (Y). Hasil uji t variabel penggunaan gadget sebesar 4,300 > t tabel 1,97928 dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 7,555 > t tabel 1,97928. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif antara Penggunaan Gadget (X1) dengan Minat Beajar (Y) dan hubungan positif antara Lingkungan Teman Sebaya (X2) dengan Minat Belajar (Y). (5) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) diperoleh hasil sebesar 0,523 yang berarti variabel minat belajar (Y) secara simultan atau bersama-sama adalah sebesar 52,3%, sedangkan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. ********************************* This study aims to determine the effect of the use of gadgets (X1) and the environment of peers (X2) with learning interest (Y) on students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta. This research was conducted for seven months starting from February to September 2021. The research method used was a survey method. The affordable population in this study was 199 students. Based on Isaac and Michael's table, the number of samples in this study was 127 respondents. The sampling technique used is proportional random sampling technique. Data collection was done through a questionnaire with a Likert scale. The data analysis techniques used are: (1) analysis requirements test which consists of normality test and linearity test. The results of the KolmogorovSmirnov normality test with a significance value of the gadget use variable of 0.059; the significance value of the peer environment variable is 0.178; The significance value of the learning interest variable is 0.379. The results of the linearity test of the Deviation of Linearity value of the gadget use variable of 0.802 and the peer environment variable of 0.081; (2) Classical assumption test consisting of multicollinearity test and heteroscedasticity test. The multicollinearity test results for the Tolerance value of 0.780 > 0.1 and the VIF value of 1.282 < 10. The heteroscedasticity test results for the variable use of gadgets are 0.486 > 0.05 and the peer environment variable is 0.890 > 0.05; (3) Multiple linear regression test with the results of the equation = 3.163 + 0.475 X1 + 0.840 X2; (4) Hypothesis test consisting of F test and T test. The results of the F test in the ANOVA table are F count of 67.952 > F table 3.07. This means that there is a joint influence between the use of gadgets (X1) and the environment of peers (X2) with learning interest (Y). The results of the T-test for the variable use of gadgets are 4,300 > t table 1,97928 and the peer environment variable is 7,555 > t table 1,97928. This means that there is a positive influence between Gadget Use (X1) and Learning Interest (Y) and a positive relationship between Peer Environment (X2) and Learning Interest (Y). (5) The results of the coefficient of determination test (R2) obtained a result of 0.523 which means that the variable interest in learning (Y) simultaneously or together is 52.3%, while the remaining 47.7% is influenced by other variables not examined.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. RR. Ponco Dewi Karyaningsih, M.M. ; 2). Marsofiyati, S.Pd, M.Pd. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 22:45 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 22:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51185 |
Actions (login required)
View Item |