ANALISIS KONSUMSI DAYA LISTRIK PADA KERETA PENUMPANG KELAS EKSEKUTIF ARGO CHERIBON (STUDI PADA PT. KERETA API INDONESIA DAOP 1 JAKARTA)

RAIHAN AFIF RUSELANDO, . (2020) ANALISIS KONSUMSI DAYA LISTRIK PADA KERETA PENUMPANG KELAS EKSEKUTIF ARGO CHERIBON (STUDI PADA PT. KERETA API INDONESIA DAOP 1 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (401kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Raihan Afif Ruselando. Analisis Konsumsi Daya Listrik Pada Kereta Penumpang Kelas Eksekutif Argo Cheribon (Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta. 2020. Dosen Pembimbing: Drs. Ir. Parjiman, MT., Drs. Purwanto Gendroyono, MT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penelitian tentang total konsumsi daya listrik pada Kereta kelas eksekutif Argo Cheribon, dan mengetahui jumlah gerbong penumpang yang dapat ditambah sesuai dengan kapasitas genset pada gerbong pembangkit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, untuk mengetahui konsumsi daya listrik pada kereta yang dapat ditampung oleh gerbong pembangkit Penelitian ini dilakukan dengan mengukur kebutuhan beban gerbong, kapasitas genset, beban harian, dan menghitung jumlah gerbong maksimum yang dapat ditampung oleh gerbong pembangkit pada kereta Argo Cheribon saat berada di Depo dan pada saat kereta Argo Cheribon selama perjalanan Gambir-Cirebon PP. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, saat kereta Argo Cheribon berada di Depo dengan Standar Formasi rangkaian 4K1 + 1M1 + 4K1 + 1P arus maksimum sebesar 280 A. Beban maksimum sebesar 156 KW, Setelah dihitung dan di analisis maka penambahan gerbong mampu sejumlah 10 gerbong. KA Argo Cheribon di Perjalanan Gambir – Cirebon (PP) dengan Standar Formasi rangkaian 1P + 4K1 + 1M1 + 4K1 + 1 K1 lux gen 2, beban maksimum maksimum 177 KW. Rata-rata arus pada gerbong sebesar 35 A. Kapasitas dan persentase konsumsi daya maksimum kereta terhadap gerbong pembangkit 500 KVA sebesar 36,70 % pada saat kereta berada di Depo dan 45,38 % pada saat kereta melakukan perjalanan Gambir-Cirebon PP. Daya sesudah perbaikan faktor daya dengan rating daya reaktif kapasitor 105,96 KVAR, daya reaktif (Q2) 34,416 KVAR, daya aktif menjadi 176,6 KW dengan daya semu 181,13 KVA dengan Cos Phi 0,98. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa pada saat KA Argo Cheribon berada di depo konsumsi daya lebih kecil dibandingkan KA Argo Cheribon berada di perjalanan, sehingga pada saat perjalanan konsumsi daya maksimum kereta terhadap genset di gerbong pembangkit lebih tinggi. Gerbong penumpang yang dapat ditambahkan menyesuaikan dengan arus nominal genset, ketika arus nominal genset bertambah maka jumlah gerbong yang dapat ditambah menjadi lebih banyak. Kata Kunci: konsumsi daya, kereta penumpang, argo cheribon, turun tegangan. ABSTRACT Raihan Afif Ruselando. Analysis of Electric Power Consumption in Argo Cheribon Executive Class Passenger Trains (Study on PT. Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Electrical Engineering Education Study Program. Faculty of Engineering. State University of Jakarta. 2020. Advisor: Drs. Ir. Parjiman, MT., Drs. Purwanto Gendroyono, MT. The purpose of this study is to conduct a study of the total electricity consumption on the Argo Cheribon executive class train, and to find out the number of passenger cars that can be added in accordance with the capacity of the generator in the generator wagon. The method used in this research is descriptive research method, to determine the electric power consumption on the trains that can be accommodated by the generator wagon. This research was conducted by measuring the needs of the wagon load, generator capacity, daily load, and calculating the maximum number of wagons that can be accommodated by the power wagon on the Argo Cheribon train while in Depo and during the Argo Cheribon train during Gambir- Cirebon PP trip. Based on the results of the study, it was found that, when the Argo Cheribon train was in the depot with a standard formation of 4K1 + 1M1 + 4K1 + 1P series, the maximum current was 280 A. The maximum load was 156 KW. Argo Cheribon KA in Gambir Journey - Cirebon (PP) with Standard Formation of 1P + 4K1 + 1M1 + 4K1 + 1 K1 lux gen 2 series, maximum maximum load of 177 KW. The average current in the car is 35 A. The capacity and percentage of the maximum power consumption of the train to the generator car 500 KVA is 36.70% when the train is in the depot and 45.38% when the train is traveling Gambir-Cirebon PP. Power after improvement of power factor with capacitor reactive power rating of 105.96 KVAR, reactive power (Q2) 34.416 KVAR, active power becomes 176.6 KW with apparent power 181.13 KVA with Cos Phi 0.98. From the results of research that has been done, it is found that when the Argo Cheribon train is in the depot the power consumption is smaller than the Argo Cheribon train being on the trip, so that when traveling the maximum power consumption of the train to the generator set in the generator wagon is higher. Passenger cars that can be added adjust to the nominal current of the generator, when the nominal current of the generator increases, the number of cars that can be increased becomes more. Keywords: power consumption, passenger train, metered cheribon, voltage drop

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.Ir.Parjiman,MT. 2). Drs.Purwanto Gendroyono,MT.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Jalan Kereta Api
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1630 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 15:43
Last Modified: 04 Mar 2020 15:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5119

Actions (login required)

View Item View Item