MAULIDA ISTI’ANAH, . (2022) MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Thesis Maulida isti'anah (fix).pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Media sosial Tiktok merupakan media sosial yang sedang popular pada saat ini, Selain untuk hiburan TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan, menjual, dan mengiklankan produk atau layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk mengambil keputusan untuk menggunakan TikTok. Penelitian ini menggunakan variabel self efficacy, utilitarian value, hedonic value, information sharing, trust dan decision making. Kuesioner telah dikembangkan dan disebarkan kepada 252 responden yang semuanya adalah pengguna aplikasi TikTok. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan convinience sampling yang berdomisili di Jabodetabek. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dengan cara membagikan pertanyaan kuesioner melalui Microsoft office 365, dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dan bantuan program AMOS 24.0 Penelitian ini memberikan hasil bahwa self efficacy dan hedonic value berpengaruh secara signifikan terhadap trust, trust bepengaruh secara signifikan terhadap information sharing dan decision making. Namun hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa self efficacy tidak berpengaruh secara signifikan tehadap information sharing , utilitarian value tidak berpengaruh secara signifikan terhadap trust dan information sharing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap decision making. ****************************************** Tiktok is a social media that is currently popular at this time. In addition to entertainment, TikTok can also promote, sell, and advertise products or services. This study aims to explain the factors that influence a person to decide to use TikTok. The study used self-efficacy, utilitarian value, hedonic value, information sharing, trust and decision making. Questionnaires were developed and distributed to 252 respondents who were all users of the TikTok app. The sampling technique used in this study was non-probability sampling and convenience sampling domiciled in Jabodetabek. Data collection was done using the questionnaire method by sharing questionnaire questions through Microsoft office 365, using the Structural Equation Modelling (SEM) method and with the help of the AMOS 24.0 program. This study found that self-efficacy and hedonic value significantly affected on trust, and trust significantly affected on information sharing and decision making. But the results of this study also explained that selfefficacy does not have significantly affect information sharing. The utilitarian value dose not have significantly affect on trust, and information sharing does not have a significantly effect on decision making.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Usep Suhud M.Si Ph.D. ; 2). Dr. Osly Usman, M.Bus Mgt., M.Bus. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen , Business Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FE > S2 Manajemen |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 23:25 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 23:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51197 |
Actions (login required)
View Item |