MODEL MEDIA PERMAINAN ARABIC LUDO UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (Penelitian Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta)

MUHAMMAD NABIL RAHIM ZAKI, . (2022) MODEL MEDIA PERMAINAN ARABIC LUDO UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (Penelitian Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi M. Nabil Rahim Zaki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan arabic ludo untuk pembelajaran kosakata bahasa arab sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta. Media ini terdiri dari 1 materi pada buku bahasa arab Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta, yaitu : Waktu/Jam. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Reisser & Mollenda dengan rumus ADDIE yang terdiri dari : analisis, desain produk, pengembangan produk, uji coba produk dan evaluasi produk. Pada tahap analisis kebutuhan, peneliti membagikan angket kepada 31 siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta dan 31 diantaranya (58.1%) mengatakan bahwa mereka membutuhkan media permainan Arabic ludo untuk belajar kosakata bahasa Arab. Pada tahap pengembangan yaitu proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian dari ahli materi dan ahli media pembelajaran. Pada tahap implementasi (uji coba) peneliti melakukan pengujian kelayakan media permainan Arabic Ludo dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Pada tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada 31 siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta. Berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada ahli media dan ahli materi, diperoleh presentase skor 94% untuk ahli media yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan dari ahli materi diperoleh presentase 96% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan evaluasi dari siswa diperoleh rerata skor 74% yang termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian,maka media permainan Arabic ludo untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab layak untuk digunakan siswa sebagai media pembelajaran dalam mempelajari kosakata bahasa Arab. *********************************************************** This study aims to develop an Arabic Ludo game media for learning Arabic vocabulary as a learning medium for 8th grade students of Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta. This media consists of 1 material in the Arabic language book Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta, namely: Time / Hour. The researcher uses a research and development method with the Reisser & Mollenda model with the ADDIE formula consisting of: analysis, product design, product development, product testing and product evaluation. In the needs analysis stage, the researcher distributed questionnaires to 31 8th grade students of Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta and 31 of them (58.1%) said that they needed Arabic ludo game media to learn Arabic vocabulary.At the development stage, the product design assessment process is carried out by giving an assessment from material experts and learning media experts. At the implementation (trial) stage, the researcher tested the feasibility of the Arabic Ludo game media in learning Arabic vocabulary. In the evaluation stage, the researcher evaluates the product based on the results of a questionnaire given to 31 8th grade students of Madrasah Tsanawiyah 39 Jakarta. Based on the results of the questionnaire distributed to media experts and material experts, it was obtained a percentage score of 94% for media experts who were included in the Very Eligible category and from material experts a percentage of 96% was obtained which was included in the Very Eligible category and the evaluation of students obtained an average score of 74% which included in the Eligible category. Thus, the Arabic ludo game media for learning Arabic vocabulary is appropriate for students to use as learning media in learning Arabic vocabulary.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohamad Sarip,, M.A. ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:08
Last Modified: 04 Oct 2024 01:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51213

Actions (login required)

View Item View Item