NADIA FIESTA PUTRI ANANDA, . (2022) STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA OUTBOUND PASCA COVID-19 PADA BIRO PERJALANAN WISATA PT. SEMESTA HOBI WISATA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Tugas akhir - Nadia Fiesta 1409519027.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Semenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, sektor pariwisata terdampak dan mengalami penurunan drastis. Pemerintah Indonesia melakuka usaha untuk memutus rantai Covid-19 dengan cara mengeluarkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Setelah diberlakukanya PSBB, pemerintah menetapkan kebijakan baru bernama New Normal, hal tersebut menjadi kesempatan bagi sektor pariwisata melakukan pemulihan. PT. Semesta Hobi Wisata merupakan satu dari sekian banyak Biro Perjalanan Wisata yang mampu bertahan dari pandemi Covid-19. Maka dari itu penelitian yang penulis lakukan adalah tentang bagaimana strategi pemasaran paket wisata yang ditawarkan PT. Semesta Hobi Wisata setelah pandemi Covid-19. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penulis menyimpulkan dari hasil pembahasan yang telah dijabarkan bahwa, strategi pemasaran akan dikembangkan dengan menggunakan teori menurut Kotler dan Amstrong, 4P antara lain : product, price, place dan promotion. Sebelum melakukan identifikasi 4P, terlebih dahulu melakukan identifikasi STP (segmenting, targeting dan positioning). Tujuan dari melakukan identifikasi tersebut adalah untuk memperkuat image paket wisata agar konsumen atau wisatawan dapat terbidik dan tepat target sasaran. ******************************** Since the Covid-19 pandemic entered Indonesia, the tourism sector was affected and experienced a drastic decline. The Indonesian government is making efforts to break the Covid-19 chain by issuing a PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar or Large-Scale Social Restrictions) policy. After the enactment of the PSBB, the government established a new policy called New Normal, this became an opportunity for the tourism sector to recover. PT. Semesta Hobby Wisata is one of the many travel agencies that have been able to survive the Covid-19 pandemic. Therefore the research that the author did was about how the marketing strategy of the tour packages offered by PT. Semesta Hobi Wisata after the Covid-19 pandemic. The research method that the author uses is descriptive qualitative research. The author concludes from the results of the discussion that has been described that, marketing strategies will be developed using the theory according to Kotler and Armstrong, the 4Ps include: product, price, place and promotion. Before identifying the 4Ps, first identify STP (segmenting, targeting and positioning). The purpose of this identification is to strengthen the image of the tour package so that consumers or tourists can be targeted and right on target.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rahmat Darmawan, S.Pd., M.M.Par. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pariwisata |
Divisions: | FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 04:05 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 04:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51227 |
Actions (login required)
View Item |