PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA GURU TINGKAT SMK SWASTA DI JAKARTA TIMUR

NURUL APRILIANI PUTRI, . (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA GURU TINGKAT SMK SWASTA DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NURUL APRILIANI PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kepemimpinan yang melayani dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior. Penelitian ini dilakukan selama 10 (sepuluh) bulan dimulai dari bulan Desember 2020 hingga Juni 2021. Metode penelitian secara kuantitatif dengan menggunakan skala likert, serta metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dan menggunakan SmartPLS versi 3.0 untuk menampilkan analisis statistik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 119 guru dari 188 populasi guru tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) berstatus swasta di Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kepemimpinan yang melayani, dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap perilaku organisasi kewarganegaraan guru. Hal ini menunjukkan bahwa jika guru memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka guru juga akan memiliki perilaku organisasi kewarganegaraan yang tinggi. Adapun, jika kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang melayani, maka dapat mendukung perilaku organisasi kewarganegaraan guru. Selain itu, jika para guru memiliki komitmen organisasi yang tinggi, maka akan meningkatkan perilaku organisasi kewarganegaaran mereka. Hal ini juga memberikan bukti empiris terkait kecerdasan emosional, kepemimpinan yang melayani, dan komitmen organisasi terhadap perilaku organisasi kewarganegaraan dapat dicapai jika kepala sekolah dan para gurunya memiliki hubungan interpersonal dan kerja sama yang baik. penelitian ini memberikan rekomendasi atau saran kepada kepala sekolah untuk menerapkan gaya kepemimpinan yang melayani dengan baik, agar dapat merangsang kecerdasaan emosional dan komitmen organisasi para gurunya untuk melakukan perilaku organisasi kewarganegaraan. ******************************************* This study aims to determine the effect of emotional intelligence, servant leadership and organizational commitment on organizational citizenship behavior. This research was conducted for 10 (ten) months starting from December 2020 to June 2021. The research method was quantitative using a Likert scale, and the sampling method used was probability sampling and used SmartPLS version 3.0 to display statistical analysis. The sample used in this study amounted to 119 teachers from a population of 188 teachers at the private vocational high school (SMK) level in East Jakarta. The results of this study indicate that emotional intelligence, servant leadership, and organizational commitment have a significant effect on teacher citizenship organizational behavior. This shows that if the teacher has high emotional intelligence, the teacher will also have high civic organizational behavior. Meanwhile, if the principal has a servant leadership style, it can support the behavior of teacher citizenship organizations. In addition, if the teachers have a high organizational commitment, it will improve their civic organizational behavior. It also provides empirical evidence that emotional intelligence, servant leadership, and organizational commitment to organizational citizenship behavior can be achieved if the principal and his teachers have good interpersonal and cooperative relationships. This study provides recommendations or suggestions to school principals to apply a leadership style that serves well, in order to stimulate emotional intelligence and organizational commitment of the teachers to conduct civic organizational behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Osly Usman, SE., M.Bus. Mgt., M.Bus.Syst ; 2). Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 04 Oct 2024 04:49
Last Modified: 04 Oct 2024 04:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51237

Actions (login required)

View Item View Item