AFILIANI, . (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_AFILIANI_1815153604 (4).pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis pembelajaran proyek yang efektif serta menarik bagi peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Peserta didik diberikan kebebasan untuk membangun pengetahuannya sendiri serta mengetahui validitas media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan”. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Uwung Jaya sebanyak 8 orang dikarenakan wabah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik analisis data yang digunakan adalah instrumen analisis kebutuhan, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKPD berbasis proyek. Hasil uji coba produk kepada tiga ahli diperoleh nilai dengan rincian ahli materi sebesar 93%, ahli Bahasa sebesar 87%, dan ahli media sebesar 91%. Sehingga memperoleh nilai rata-rata sebesar 90%, dan dinyatakan bahwa LKPD ini termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan oleh peserta didik kelas V pada pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar ********************************************* This study aims to develop an effective and interesting project-based teaching material for students in the learning process of Pancasila and Citizenship Education (PPKn). Students are given the freedom to build their own knowledge and know the validity of the Project Based Learning (PjBL)- based Student’s Worksheet media on theme 7 “Peristiwa dalam Kehidupan”. The sample in this study was 8 students of the Uwung Jaya State Elementary School due to the COVID-. This study uses the ADDIE model which consists of the Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Data analysis techniques used are needs analysis instruments, interviews, and questionnaires. This research produces a product in the form of project-based LKPD. The results of product trials to three experts obtained a score with details of material experts by 93%, language experts by 87%, and media experts by 91%. Thus, obtaining an average score of 90%, and it is stated that this LKPD is included in the very good criteria. This shows that the LKPD developed is suitable for use by fifth grade students in Civics learning in elementary schools.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Linda Zakiah, M.Pd ; 2). Dra. Iva Sarifah, mahapes, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 23:46 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 23:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51362 |
Actions (login required)
View Item |