ANNISA SELVIANDARI PUTRI, . (2022) PENGELOLAAN PROGRAM SEKOLAH IBU DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (Studi Kualitatif di Kota Bogor Provinsi Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover Halaman Depan.pdf Download (223kB) |
|
Text
2. Abstrak & Abstract.pdf Download (190kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (325kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (289kB) |
|
Text
5. Motto dan Persembahan.pdf Download (270kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (275kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (378kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (182kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (183kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (184kB) |
|
Text
11a. Bab 1.pdf Download (733kB) |
|
Text
11b. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text
11c. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text
11d. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
|
Text
11e. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (194kB) |
|
Text
13. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
14. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara empiris tentang pengelolaan Program Sekolah Ibu dalam pemberdayaan perempuan di Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor, berfokus di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor, Kelurahan Katulampa dan Kelurahan Situ Gede. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verfikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dalam pengelolaan program Sekolah Ibu, terdiri dari kegiatan: (1) Perencanaan, yaitu menentukan tujuan, visi dan misi, serta segala rencana pelaksanaan program; (2) Pengorganisasian, yaitu penetapan ketentuan dan penyusunan peran dan fungsi setiap pihak; (3) Penggerakan, dilakukan melalui kegiatan sosialisasi dan pembelajaran yang bervariasi; (4) Pembinaan, dimana terdapat kegiatan pengawasan dan monitoring; (5) Penilaian, untuk melihat ketercapaian dan kebermanfaat program; (6) Pengembangan, untuk memperluas jangkauan dan mengembangkan program sesuai dengan kebutuhan peserta. Terdapat beberapa tahapan pemberdayaan perempuan yang juga dilakukan dalam program Sekolah Ibu diantaranya adalah seleksi wilayah, sosialisasi, proses pemberdayaan, dan pemandirian masyarakat. ************************************************ This study aims to determine and describe empirically about the management of Sekolah Ibu programs in empowering women in the city of Bogor. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. This research was carried out in Bogor City, focusing on the DP3A Bogor City, Katulampa Village and Situ Gede Village. The technique of determining the informants used purposive sampling. In data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The stages of data analysis techniques used are data collection, data condensation, data presentation, and verification. Checking the validity of the data using triangulation of sources, techniques, and time. The results of the study show that the management of Sekolah Ibu programs consists of the following activities: (1) Planning, namely determining the goals, vision and mission, as well as all program implementation plans; (2) Organizing, namely the determination of provisions and preparation of the roles and functions of each party; (3) Mobilization, carried out through various socialization and learning activities; (4) Guidance, where there are supervision and monitoring activities; (5) Assessment, to see the achievement and usefulness of the program; (6) Development, to expand the reach and develop programs according to the needs of participants. There are several stages of women's empowerment that are also carried out in the Sekolah Ibu program including regional selection, socialization, empowerment processes, and community independence.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si ; 2). Drs. Sri Kuswantono Wongsonadi, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 01:30 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 01:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51384 |
Actions (login required)
View Item |