AFAN MANTOFANI, . (2022) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SHALAT JUMAT DI SMPIT GEMA NURANI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
AFAN MANTOFANI 4715153903.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Shalat merupakan ibadah yang paling pokok bagi setiap muslim. Tujuan shalat adalah untuk sarana mengingat Allah SWT. Shalat yang dijalankan oleh kaum muslim haruslah memperhatikan tata cara, syarat rukun, serta kaidah-kaidah lain yang harus dipenuhinya. Seperti khusyu, tawadhu‟, tadhorru‟ dan berserah diri secara total bahwa hidup dan mati hanyalah milik Allah. Dalam upaya menciptakan kondisi setiap muslim yang mampu menegakkan shalat dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. perlu adanya pembelajaran sejak usia kanak-kanak dan di bangku sekolah, dengan harapan keterampilan shalat yang sudah dikuasainya sejak kecil mampu dipertahankan sampai kelak ia dewasa. Bagi anak-anak pembelajaran yang paling memungkinkan mudah dipahami adalah dengan metode demonstrasi. Metode ini merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung objeknya atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukkan proses tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara-cara guru menjelaskan pembelajaran shalat jumat di SMPIT Gema Nurani Bekasi Utara. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik.Subyek penelitian siswa SMPIT Gema Nurani Bekasi Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi selama pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan sejak observasi pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Teori yang digunakan adalah beberapa gagasan pemikiran para ahli dalam aspek shalat, metode demonstrasi Dari hasil observasi menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran shalat jumat. Ini terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan praktek shalat siswa yang ditinjau dari aspek materi bacaan dan gerakan shalat serta observasi keaktifan siswa pada tiap pertemuan. Pada tahap observasi pertama terdapat kendala yaitu pada saat mempraktekkan shalat salah satu kelompok lupa akan bacaan shalatnya, namun pertemuan kedua kejadian ini tidak terulang lagi artinya dipertemuan keduan ini peningkatan keterampilan siswa dalam mempraktekkan sholat mengalami penginkatan. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditegaskan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa mempraktekkan shalat di SMPIT Gema Nurani Bekasi Utara. Adanya variasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sangat diperlukan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya metode demonatrasi siswa menjadi tertarik dengan pembelajaran dan aktif mengikuti pembelajaran. *********************************************************** Prayer is the most basic worship for every Muslim. The purpose of prayer is for a means of remembering Allah SWT. Prayers performed by Muslims must pay attention to the procedures, the conditions of the pillars, and other rules that must be fulfilled. Such as humility, tawadhu‟, tadhorru‟ and total surrender that life and death only belong to Allah. In an effort to create conditions for every Muslim who is able to enforce prayers properly and correctly in accordance with the guidance of the Prophet Muhammad. the need for learning from childhood and at school, with the hope that the prayer skills that he has mastered since childhood can be maintained until he grows up. For children, the most easily understood learning method is the demonstration method. This method is a teaching method that presents lesson material by showing directly the object or how to do something to demonstrate a certain process. The purpose of this study was to find out how teachers explain the learning of Friday prayers at SMPIT Gema Nurani, North Bekasi. This research design uses a naturalistic qualitative approach. The research subjects are students of SMPIT Gema Nurani, North Bekasi. Data collection techniques using observation, and documentation during the learning takes place. Data analysis was carried out since the observation of the first meeting and the second meeting. The theory used is some of the thoughts of experts in the aspect of prayer, demonstration methods From the results of observations indicate that the demonstration method can attract students' interest in learning Friday prayers. This is evidenced by an increase in students' prayer practice skills in terms of reading material and prayer movements as well as observing student activity at each meeting. At the first observation stage, there were obstacles, namely when practicing prayer one of the groups forgot to read the prayer, but the second meeting of these incidents did not happen again, meaning that at this second meeting the increase in students' skills in practicing prayer experienced an increase. From the results of this study, it can be emphasized that learning by using the demonstration method can improve students' skills in practicing prayer at SMPIT Gema Nurani, North Bekasi. The variety of teachers in delivering learning materials is needed so as to improve student achievement. With the demonstration method, students become interested in learning and actively participate in learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA. ; 2). Nur Aulia, MA. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 01:25 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 01:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51385 |
Actions (login required)
View Item |