Strategi Pengembangan Paket Wisata Spain Muslim Tour di PT Radian Kharisma Wisata (Annisa Travel)

ALDIRA LISA ZAHARA, . (2022) Strategi Pengembangan Paket Wisata Spain Muslim Tour di PT Radian Kharisma Wisata (Annisa Travel). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ALDIRA LISA ZAHARA_1409519038_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kini jumlah wisatawan muslim terus meningkat di lingkup pasar global. Karena potensi dari pasar wisatawan muslim yang terus berkembang, menimbulkan konsep wisata baru yang disebut Muslim Friendly Tour atau wisata ramah muslim yang menyediakan seluruh kebutuhan wisatawan muslim dalam berwisata. Untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut, Peran biro perjalanan wisata menjadi penting. Salah satu biro perjalanan yang fokus pada kegiatan islami adalah Annisa Travel. Namun dari paket wisata yang dijual hanya terfokus pada ibadah umrah dan haji. Dengan belum tersedianya paket wisata ramah muslim khususnya ke Eropa, maka dibuat pengembangan paket muslim friendly tour untuk Annisa Travel dengan destinasi tujuan Spanyol untuk menjangkau pasar wisatawan muslim yang lebih luas dan untuk mempertahankan eksistensi Annisa Travel sebagai penyedia layanan bagi wisatawan muslim. Pengambilan data untuk penulisan tugas akhir ini dilakukan melalui observasi dan studi pustaka, lalu metodologi penelitian dengan menganalisis situasi dan menggunakan tahapan metode pelaksanaan perencanaan paket wisata. Secara garis besar, pengembangan produk paket ini dilakukan dengan meningkatkan produk yang sudah dimiliki Annisa Travel yaitu paket wisata halal. Untuk pengembangan pasar menggunakan strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning. Setelah dibuat strageti pengembangan dan perencanaan paket wisata, lalu paket akan dipromosikan melalui media sosial dengan media promosi berupa brosur digital. *********************************************************** The number of Muslim tourists continues to increase in the scope of the global market. Due to the growing potential of the Muslim tourist market, it has created a new tourism concept called Muslim Friendly Tour or Muslim-friendly tourism that provides all the needs of Muslim tourists in traveling. To meet the needs of the market, the role of travel agents becomes important. One of the travel agencies that focus on Islamic activities is Annisa Travel. However, the tour packages that are sold only focus on Umrah and Hajj. With the unavailability of Muslim-friendly tour packages, especially to Europe, the development of Muslim-friendly tour packages for Annisa Travel with destinations to Spain is made to reach a wider Muslim tourist market and to maintain the existence of Annisa Travel as a service provider for Muslim tourists. Data collection for writing this final project was carried out through observation and literature study, then the research methodology by analyzing the situation and using the stages of implementing the tour package planning method. Broadly speaking, the development of this package product is carried out by improving the products already owned by Annisa Travel, namely halal tour packages. For market development using Segmenting, Targeting, and Positioning strategies. After the development and planning strategy of the tour package is made, the package will be promoted through social media with promotional media in the form of digital brochures.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Rahmat Darmawan, S.Pd., M.M.Par
Subjects: Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:50
Last Modified: 08 Oct 2024 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51390

Actions (login required)

View Item View Item