ANISA SYIFA AULIA HADI, . (2022) EFEKTIVITAS METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN DI SDIT DAARUL FIKRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Anisa Syifa (1).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan pendidikan nasional yaitu untuk membentuk generasi manusia yang agamis dan bertakwa. Salah satu cara untuk mencapainya adalah melalui pengenalan Al Qur‟an pada anak usia dini. Namun, banyak fenomena yang menunjukkan bahwa membaca dan menghafal Al Qur‟an tidak menarik bagi siswa. Bahkan ada anggapan bahwa belajar mengaji dan menghafal Al Qur‟an adalah kewajiban di tempat pengajian daripada di sekolah. Untuk dapat menghafal Al Qur'an secara mendalam, maka penggunaan metode sangat diperlukan sesuai dengan keadaan murid sebagai penghafal Al Qur‟an. Maka, dalam kegiatan pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an hendaknya memilih dan menggunakan sebuah metode dan strategi yang dapat meningkatkan hafalan Al Qur‟an pada siswa. Salah satu Sekolah Dasar yang menggunakan metode talaqqi dalam pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an adalah SDIT Daarul Fikri Depok. Atas dasar itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz Al Qur‟an di SDIT Daarul Fikri, mengetahui pelaksanaan metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz Al Qur‟an di SDIT Daarul Fikri, mengetahui hasil belajar metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz Al Qur‟an di SDIT Daarul Fikri dan mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz Al Qur‟an di SDIT Daarul Fikri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an dengan menggunakan metode berjalan secara efektif. Hal ini dilihat dari: (1) Pada tahap perencanaan metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz Al Qur‟an di SDIT Daarul Fikri Tahun Ajaran 2021-2022 telah terjadwal atau terencana dengan matang; (2) Pelaksanaan metode talaqqi dalam pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an di SDIT Daarul Fikri telah terlaksana dengan baik dan efektif; (3) Hasil pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an dengan menggunakan metode talaqqi telah terlaksana secara efektif; (4) Pembelajaran Tahfidz Al Qur‟an dengan menggunakan metode talaqqi secara keseluruhan dinilai efketif. ************************************************************ The purpose of national education is to form a religious and pious human generation. One way to achieve this is through the introduction of the Qur'an in early childhood. However, there are many phenomena that show that reading and memorizing the Qur'an is not interesting for students. There is even an assumption that learning the Koran and memorizing the Qur'an is an obligation at the study site rather than at school. To be able to memorize the Qur'an in depth, the use of the method is very necessary according to the situation of the student as a memorizer of the Qur'an. So, in Tahfidz Al-Qur'an learning activities, one should choose and use a method and strategy that can improve the students' memorization of the Qur'an. One of the elementary schools that uses the talaqqi method in learning Tahfidz Al Qur'an is SDIT Daarul Fikri Depok. On this basis, this study aims to determine the planning of the talaqqi method in learning tahfidz Al Qur'an at SDIT Daarul Fikri, knowing the implementation of the talaqqi method in learning tahfidz Al Qur'an at SDIT Daarul Fikri, knowing the results of learning the talaqqi method in learning tahfidz Al Qur'an. at SDIT Daarul Fikri and to find out the effectiveness of the application of the talaqqi method in learning tahfidz Al Qur'an at SDIT Daarul Fikri. This study uses qualitative methods, data obtained by collecting techniques through observation, interviews and questionnaires. The findings in this study indicate that learning Tahfidz Al Qur'an by using the method runs effectively. This can be seen from: (1) At the planning stage the talaqqi method in learning tahfidz Al Qur'an at SDIT Daarul Fikri for the 2021-2022 academic year has been scheduled or carefully planned; (2) The implementation of the talaqqi method in learning Tahfidz Al Qur'an at SDIT Daarul Fikri has been carried out well and effectively; (3) The learning outcomes of Tahfidz Al Qur'an using the talaqqi method have been implemented effectively; (4) Learning Tahfidz Al Qur'an using the talaqqi method is considered effective as a whole.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag, MA. ; 2). Mushlihin, S.Pd.I., MA. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:13 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51395 |
Actions (login required)
View Item |