APLIKASI “BLOK PINTAR” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NILAI TEMPAT BILANGAN BAGI SISWA LAMBAN BELAJAR

DIEN ISLAMY, . (2022) APLIKASI “BLOK PINTAR” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NILAI TEMPAT BILANGAN BAGI SISWA LAMBAN BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Dien Islamy Skripsi PKH 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi selama proses pembelajaran dari guru kepada siswa agar tercapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi Blok Pintar sebagai media pembelajaran adaptif nilai tempat bilangan untuk siswa lamban belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD dengan ADDIE, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa lamban belajar kelas V dalam nilai tempat bilangan dalam pembelajaran Matematika. Validasi dilakukan oleh tiga ahli; ahli media, ahli materi dan ahli lamban belajar. Hasil validasi ahli media 70,6 kategori cukup, ahli materi 85,3 kategori baik dan ahli lamban belajar 73,8 kategori cukup. Hasil pengamatan pada seorang siswa lamban belajar yang menggunakan Blok Pintar menunjukkan bahwa media Blok Pintar dapat digunakan oleh siswa lamban belajar dalam pembelajaran nilai tempat bilangan karena tipografi yang mudah dibaca, bahasa yang mudah dimengerti, dan memiliki daya tarik, nilai uji kelayakan 84,6 kategori baik. Pengembangan produk karya inovatif ini menghasilkan aplikasi Blok Pintar yang dapat menjelaskan nilai tempat bilangan sehingga memudahkan siswa lamban belajar dalam memahami nilai tempat bilangan yang abstrak. ******************************************************* Learning media is something that can be used to convey information during the learning process from teachers to students in order to achieve learning objectives.The aim of this study was to develop Blok Pintar aplication as adaptive learning media for place and value for slow learner student. This research used the method of Research and Development (RnD) referring to the ADDIE model Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. The respondent in this research was a slow learner student grade V in the place and value in Mathematics. Validation was carried out by three experts; media expert, material expert and slow learner expert. The results of media expert is 70,6 enough category, material expert 85,3 good category and slow learner expert is 73,5 category. The result of observations to one slow learner student showed that the development of Blok Pintar is able to use by slow learner student in place and value learning because of the easy to read typography, easy to understand language and attractiveness, the feasibility test score is 84,6 good category. The development of this innovative product has resulted in a Blok Pintar app that can explain the place and value of numbers, making it easier for slow learners to understand abstract of place and values.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Leliana Lianty, M.Pd ; 2). Suprihatin, M.Ed, Ed.D
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 08 Oct 2024 23:47
Last Modified: 08 Oct 2024 23:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51420

Actions (login required)

View Item View Item