DINA ROSALINI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KANTONG CERITA UNTUK PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (210kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (393kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) |
|
Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
Abstract
Bicara merupakan bentuk utama dalam mengekspresikan pikiran dan pengetahuan bila anak mengadakan hubungan dengan orang lain. Anak yang sedang bertumbuh dan berkembang mengkomunikasikan kebutuhan, pikiran, dan perasaannya melalui bahasa dengan kata-kata yang mempunyai makna. Bercerita merupakan salah satu stimulasi untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak. Dalam bercerita anak mampu mengucapkan kata demi kata sehingga membentuk sebuah kalimat. Pada anak usia dini, untuk mengembangkan kemampuan berbicara dengan bercerita dibutuhkan media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk megembangkan media pembelajaran berdasarkan kemampuan berbicara anak untuk anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini adalah karya inovatif dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di perumahan Kayu Manis 3, Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi sebagai validator dan 4 anak berusia 4-5 tahun. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran yang disebut Kantong Cerita. Berdasarkan uji validitas dengan ahli media, media pembelajaran Kantong Cerita dikategorikan sangat valid dengan tingkat validitas 95%. Berdasarkan uji validitas ahli materi, media kantong cerita dikategorikan sangat valid dengan tingkat validitas 87.5%. berdasarkan hasil uji coba pada anak, media Kantong Cerita sangat valid dengan tingkat validitas 94.23%. berdasarkan hasil penelitian, media Kantong Cerita sangat valid dan sangat layak untuk digunkan sebagai media pembelajaran anak usia 4-5 tahun. ******************************************************* Talk is the main form of expressing thoughts and knowledge when children have relationships with other people. Children who are growing and developing communicate their needs, thoughts, and feelings through language with words that have meaning. Storytelling is one of the stimulations to develop children's speaking skills. In storytelling, children are able to say word for word to form a sentence. In early childhood, to develop speaking skills by telling stories, relevant learning media are needed. This study aims to develop learning media based on children's speaking skills for children aged 4-5 years. This research method is an innovative work with the ADDIE model. This research was conducted in the Perumahan Kayu Manis 3, East Jakarta. The subjects of this study were media experts and subject matter experts as validators and 4 children aged 4-5 years. The object of this research is a learning media called the Kantong Cerita. Based on the validity test with media experts, the Kantong Cerita learning media is categorized as very valid with a 95% validity level. Based on the validity test of subject matter expert, the Kantong Cerita media is categorized as very valid with a validity level of 87.5%. based on the results of trials on children, the Kantong Cerita media is very valid with a validity level of 94.23%. based on the results of the study, the Kantong Cerita media is very valid and very feasible to be used as a learning media for children aged 4-5 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sri Wulan, M.Si ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 23:58 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 23:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51421 |
Actions (login required)
View Item |