PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SMK NEGERI 1 BEKASI

MUTONAH MELINDA, . (2022) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SMK NEGERI 1 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Mutonah Melinda_ 1445142051_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kompetensi pendidik di SMK Negeri 1 Kota Bekasi. Dengan subfokus pada penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui data yang telah terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan kredibilitas, teknik dan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perencenaan pengembangan kompetensi pendidik dilakukan secara berkala yaitu 1 tahun sekali dan sesuai dengan kebutuhan analisis dari pendidik tersebut; (2) pelaksanaan pengembangan kompetensi pendidik dilakukansetelah dibuatnya kebutuhan analisis pendidik untuk mengembangkan kompetensi pendidik; (3) evaluasi pengembangan kompetensi pendidik dilakukan dengan melihat ketercapaian pendidik, dari evaluasi pengembangan kompetensi pendidik melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, koorprodi jurusan dan guru keahlian . ***************************************************** This study aims to determine the competence development of educators in SMK Negeri 1 Bekasi City. The sub-focus of this research is planning, implementation, and evaluation. This researcher uses a qualitative approach with a descriptive method. Data was collected through interviews, observations, and documentation studies. The research was conducted through the data that had been collected and analyzed through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. To test the validity of the data used credibility, techniques and theory. The results of the study show that (1) the planning for the development of educator competencies is carried out periodically, namely once a year and in accordance with the needs of the analysis of the educator; (2) the implementation of educator competency development is carried out after a needs analysis of educators is made to develop educator competencies; (3) evaluation of educator competency development is carried out by looking at the achievements of educators, from evaluation of educator competency development involving school principals, vice principals of curriculum, coordinators of majors and teachers of expertise.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Bedjo Sujanto, M.Pd. ; 2). Dr. Supadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 10 Oct 2024 05:07
Last Modified: 10 Oct 2024 05:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51475

Actions (login required)

View Item View Item