AZHAR RAJAB, . (2022) STRATEGI PENGUATAN MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 70 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BURNING AZHAR RAJAB.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara detail sesuai dengan temuan lapangan mengenai strategi penguatan moderasi beragama melalaui PAI di SMA Negeri 70 Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner secara terbuka, dan dokumentasi. Pelaksanaan wawancara dan penyebaran kuesioner dilakukan pada bulan Maret-Mei 2022. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori moderasi beragama, teori strategi, dan teori pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penguatan moderasi beragama yang dilakukan oleh guru PAI pada aspek kepeloporan/keteladanan (qudwah), toleransi (tasamuh), cinta tanah air (muwathanah), anti kekerasan (al-la’unf), ramah budaya (i’tiraf al-‘urf) di dalam pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran PAI secara kontekstual yang kekinian, memberikan contoh teladan yang baik secara perilaku kepada siswa. Sedangkan di luar pembelajaran penerapan strategi itu terlihat dari terlaksananya kegiatan atau program Rohis seperti: (1) SEBLAK (Sebulan Sekali Asah Kemampuan), (2) LDKR (Latihan Dasar Kepemimpinan Rohis), (3) SHALIN (Sharing Online, (4) toleransi dalam LDKR (Latihan Dasar Kepemimpinan Rohis), (5) buka puasa bersama, (6) pembagian daging qurban, (7) WIDIS (Widya Wisata Islami), (8) Al-Fatih (Aksi Millenial Festival Kreativitas Islam Tujuh Puluh), (9) Mentoring Jum’at, (10) Aksi Galang Dana, (11) PHBI (Perayaan Hari Besar Islam), (12) ALIM (Aksi Lomba Isra Mi’raj), (13) Pesantren Ramadhan, (14) Panahan serta Marawis rutinan. ********************************************************** Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara detail sesuai dengan temuan lapangan mengenai strategi penguatan moderasi beragama melalaui PAI di SMA Negeri 70 Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner secara terbuka, dan dokumentasi. Pelaksanaan wawancara dan penyebaran kuesioner dilakukan pada bulan Maret-Mei 2022. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori moderasi beragama, teori strategi, dan teori pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penguatan moderasi beragama yang dilakukan oleh guru PAI pada aspek kepeloporan/keteladanan (qudwah), toleransi (tasamuh), cinta tanah air (muwathanah), anti kekerasan (al-la’unf), ramah budaya (i’tiraf al-‘urf) di dalam pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran PAI secara kontekstual yang kekinian, memberikan contoh teladan yang baik secara perilaku kepada siswa. Sedangkan di luar pembelajaran penerapan strategi itu terlihat dari terlaksananya kegiatan atau program Rohis seperti: (1) SEBLAK (Sebulan Sekali Asah Kemampuan), (2) LDKR (Latihan Dasar Kepemimpinan Rohis), (3) SHALIN (Sharing Online, (4) toleransi dalam LDKR (Latihan Dasar Kepemimpinan Rohis), (5) buka puasa bersama, (6) pembagian daging qurban, (7) WIDIS (Widya Wisata Islami), (8) Al-Fatih (Aksi Millenial Festival Kreativitas Islam Tujuh Puluh), (9) Mentoring Jum’at, (10) Aksi Galang Dana, (11) PHBI (Perayaan Hari Besar Islam), (12) ALIM (Aksi Lomba Isra Mi’raj), (13) Pesantren Ramadhan, (14) Panahan serta Marawis rutinan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA. ; 2). Sari Narulita, M.Si |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:57 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51491 |
Actions (login required)
View Item |