DINDA FITRIYANI, . (2022) STRATEGI GURU TKQ AR-RAHMAH MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DINDA FITRIYANI-FULL SKRIPSIIII-1 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan guru TKQ Ar-Rahmah untuk membentuk karakter disiplin dalam kegiatan keagamaan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan pada bulan Maret 2022. Observasi dilakukan di TKQ Ar-Rahmah Kota Bogor. Sedangkan wawancara dilakukan kepada ketiga guru di TKQ Ar-Rahmah dan orang tua siswa. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi dengan teori indikator karakter disiplin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru TKQ Ar-Rahmah dalam membentuk karakter disiplin dalam kegiatan keagamaan pada anak usia dini adalah melalui pemberian keteladanan dengan cara guru mencontohkan langsung kepada siswa seperti datang ke sekolah lebih awal sebelum siswa datang, guru selalu mengucapkan salam sebelum masuk kelas, guru selalu membaca basmallah sebelum berdoa dan lainnya serta pembiasaan yang diajarkan seperti siswa selalu datang sebelum pembelajaran dimulai, sabar menunggu giliran ketika membaca tilawati dan berwudhu, selalu merapikan alat tulis atau bendanya sendiri selesai digunakan dan lainnya. Dengan kedua metode ini guru di TKQ Ar-Rahmah telah berhasil membentuk karakter disiplin anak usia dini dengan bukti nyata anak sudah menunjukkan terbentuknya kebiasaan- kebiasaan berperilaku baik dalam kehidupannya sehari-hari terutama dalam hal keagaaman baik yang dilakukan di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. ********************************************************* This study aims to analyze the strategies used by Ar-Rahmah TKQ teachers to shape the character of discipline in religious activities in early childhood. This research uses qualitative research using a case study approach. Sources of data obtained from observations, interviews, and documentation conducted in March 2022. Observations were carried out at TKQ Ar-Rahmah Bogor City. Meanwhile, interviews were conducted with the three teachers at TKQ Ar-Rahmah and parents of students. The theory used in this research is strategy theory with disciplinary character indicator theory. The results of this study indicate that the strategy used by TKQ Ar- Rahmah teachers in shaping the character of discipline in religious activities in early childhood is through giving examples or modeling by giving direct examples to students such as coming to school earlier before students come, the teacher always say hello before entering class, the teacher always reads basmallah before praying and others as well as the habits taught such as students always coming before learning begins, patiently waiting for their turn when reading tilawati and ablution, always tidying up stationery or own objects after use and others. With these two methods, teachers at TKQ Ar-Rahmah have succeeded in shaping the disciplined character of early childhood with concrete evidence that children have shown the formation of good behavior habits in their daily lives, especially in matters of religion, both in the school environment and in the home environment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Sari Narulita, Lc, M.Si. ; 2)> Dr. Izzatul Mardhiah, S. Ag, MA |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 07:41 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 07:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51511 |
Actions (login required)
View Item |