UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI Studi Kasus di SMA Negeri 82 Jakarta

EKA SETYANINGSIH, . (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI Studi Kasus di SMA Negeri 82 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
UPDATE SKRIPSI EKA SETYANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus dengan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket terbuka, dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa di SMA Negeri 82 Jakarta. Temuan penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa di masa pandemi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terbilang bagus, hal tersebut dilihat dari antusiame siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun upaya – upaya yang telah dilakukan oleh guru agama islam adalah sebagai berikut, memberikan variasi pembelajaran yang dikemas semenarik mungkin, menggunakan metode dan media yang bervariasi dan relevan, memberikan motivasi, arahan, dan pemahaman mengena tujuan pembelajaran, melakukan pendekatan kepada siswa, orang tua, dan wali kelas, guru terlibat aktif dalam kegiatan keagamaan rutin (pendukung) disekolah. ****************************************************** This research approach is carried out using a case study method with qualitative descriptive analysis. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, open questionnaires, and documentation. The respondents of this study were the Principal, Islamic Religious Education Teacher and Students at SMA Negeri 82 Jakarta. The research findings show that students’ interest in learning during the pandemic in Islamic Religious Education subjects is fairly good, it can be seen from the enthusiasm of students in participating in the learning process. The efforts that have been made by Islamic religious teachers are as follows, providing variations of learning that are packaged as attractive as possible, using varied and relevant methods and media, providing motivation, direction, and understanding of learning objectives, approaching students, parents, and homeroom teachers, teachers are actively involved in routine religious activities (supporters) at school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, S.Th.I.,M.A.,Ph.D. ; 2). Dr. Abdul Fadhil, S.Ag.,M.Ag
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:15
Last Modified: 14 Oct 2024 08:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51517

Actions (login required)

View Item View Item