PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA AL JIHAD JAKARTA

SAYYIDATU LUTFIYAH, . (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA AL JIHAD JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sayyidatu Lutfiyah. 8105133142. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Al Jihad Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Jakarta. Februari 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI di SMA Al Jihad Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung mulai bulan Maret sampai dengan Agustus 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan koresional. Populasi terjangkau dalam penlitian ini seluruh kelas XI di SMA Al Jihad Jakarta yang berjumlah 105 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data variabel Y (Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi), variabel X1 (Motivasi Belajar) dan variabel X2 (Status Sosial Ekonomi Keluarga), untuk Y dan X1 merupakan data primer dan X2 merupakan data sekunder. Teknis analisis data menggunakan SPSS versi 20.0. hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung (4,625) > Ftabel (3,11), hal ini berarti motivasi belajar dan status sosial ekonomi secara simultan berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Uji t menghasilkan thitung X1 (2,183) ≥ ttabel (1,989) dan thitung X2 (2,654) ≥ ttabel (1,989). Persamaan regresi pada penelitian ini adalah Ŷ = 32,318 + 0,226 X1 + 0,313 X2. Besar pengaruh variabel dependen dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 53,7% sedangkan sisanya sebesar 46,3% dipengaruhi oleh variabel independen lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan status sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI di SMA Al Jihad Jakarta. Kata kunci: Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi ABSTRACT Sayyidatu Lutfiyah. 8105133142. “The Influence of Learning Motivation and Family Socioeconomic Status on Interst to Continue Study to Collage in Student of Grade XI at SMA Al Jihad Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Study Program of Economic Education, Faculty of Economic, State University of Jakarta, February 2020. This study aims to determine whether there is an influence of learning motivation and family socioeconomic status on the interst to continue study to collage in student of grade XI at SMA Al Jihad Jakarta. This research was conduct for 6 months from March to August 2019. The research method is survey with correlation approach. The population affordability is all student from grade XI at SMA Al Jihad Jakarta, which amounted to 105 students. The sample used in this research was 84 students using simple random sampling technique. Data variable Y (interst to continue study to collage) and X2 (learning motivation) are primary data, while variable X1 (family socioeconomic status) is secondary data. The data were analyzed using SPSS 20.0 version. The result of F test in ANOVA table produces Farithmetic (4,625) > Ftabel (3,11), this means learning motivation and and family socioeconomic status simultaneously positively influence the the interst to continue study to collage. Then t test produces tarithmetic X1 (2,183)> ttable (1,989) and tarithmetic X2 (2,654) > ttable (1,989). Then regression equation obtained was Ŷ = 32,318 + 0,226 X1 + 0,313 X2. The dependent variable depends on the value of determination coefficient (R square) which is 53,7% while the rest is 46,3% is influenced by other independent variables that are not researched. The conclusion of this research is there is a positive and significant influence between learning motivation and family socioeconomic status on the interst to continue study to collage in student of grade XI at SMA Al Jihad Jakarta Keyword: Learning Motivation, Family Socioeconomic Status, Interst to Continue Study to Collage

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd.,MM 2). Darma Rika Swaramarinda, S.Pd., M.SE
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 1851 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 15:55
Last Modified: 03 Mar 2020 15:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5153

Actions (login required)

View Item View Item