FAIQ AHMAD ABDUL AZIZ, . (2022) PEMANFAATAN MEDIA SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SMAN 103 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Revisi Sidang Skripsi FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan melakukan pengkajian terkait pemanfaatan media e-learning Schoology pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 103 Jakarta. Dalam proses penelitian ini, guru menjabarkan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Dalam penelitian ini juga membahas mengenai kemampuan guru dalam membuat materi. Teknik pengumpulan data ini diambil dari observaasi, wawancara, dokumentasi, dan angket terbuka yang diberikan kepada peserta didik. Objek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memanfaatkan media pembelajaran Schoology. Dalam hal ini guru memanfaatkan media pembelajaran e-learning Schoology dengan baik dengan memiliki perencanaan sebelum dimulainya pembelajaran. Dari indikator mengenai keberhasilannya kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut, media e-learning Schoology kurang efektif pada pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut yang dimana hasilnya kurang efektif. Dari semua hal yang terjadi selama proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi ini, setidaknya membutuhkan elemen-elemen dari warga sekolah tersebut agar tercapainya suatu pembelajaran yang berhasil. ****************************************************** This study uses a descriptive qualitative method by conducting studies related to the use of e-learning Schoology media in Islamic Religious Education subjects at SMAN 103 Jakarta. In the process of this research, the teacher describes the planning, implementation, and evaluation. This study also discusses the teacher's ability to make material. This data collection technique was taken from observations, interviews, documentation, and open questionnaires given to students. The object of this research is the subject teacher of Islamic Religious Education who uses the Schoology learning media. In this case the teacher utilizes the e-learning Schoology learning media well by having a plan before the start of learning. From the indicators regarding the success of teaching and learning activities at the school, the e-learning Schoology media is less effective on the subjects of Islamic Religious Education which the results are less effective. Of all the things that happened during the planning, implementation, and evaluation process, at least it required elements from the school community in order to achieve a successful learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc MA. M.A. ; 2). Mushlihin, S.Pd.I., MA. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:06 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51530 |
Actions (login required)
View Item |