PENGEMBANGAN MEDIA “PANJANTUNG” PAPAN JARI HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN

NURCHALIZA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA “PANJANTUNG” PAPAN JARI HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Naskah Skripsi-Nurchaliza-1615151186 FIX .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian karya inovatif ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media papan jari hitung (PANJANTUNG) untuk meningkatkan kemampuan awal matematika anak usia 5-6 tahun. Model pengembangan yang dilakukan peneliti adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap pengembangan yakni Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implikasi) dan Evaluate (evaluasi). Teknik evaluasi formatif berupa pemberian kuesioner kepada ahli materi dan ahli media, sedangkan untuk anak peneliti melakukan wawancara. Hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan penilaian ahli materi dengan nilai 98,2, rata-rata keseluruhan penilaian ahli media dengan nilai 96,4 dan hasil uji coba terbatas pada anak memperoleh nilai 90,52. Demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggembangkan media papan jari hitung (PANJANTUNG) untuk meningkatkan kemampuan awal matematika anak usia 5-6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pengembangan media PANJANTUNG dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan awal matematika anak usia 5-6 tahun. ******************************************** This innovative research work is a development research that aims to develop a counting fingerboard (PANJANTUNG) media to improve the early mathematical abilities of children aged 5-6 years. The development model carried out by the researchers is the ADDIE development model which has five stages of development, namely Analysis (analysis), Design (design), Development (development), Implementation (implications) and Evaluate (evaluation). The formative evaluation technique was in the form of giving questionnaires to material experts and media experts, while for children the researchers conducted interviews. The results of the trial obtained an average overall assessment of material experts with a value of 98.2, the average overall assessment of media experts with a value of 96.4 and the results of a limited trial on children obtained a value of 90.52. Thus the results of the study indicate that by developing the fingerboard counting media (PANJANTUNG) to improve the early mathematical abilities of children aged 5-6 years. The implication of the results of this study is that the development of PANJANTUNG media can be used as an alternative learning medium to improve the early mathematical abilities of children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Niken Pratiwi, S.Pd. M.Pd ; 2). Dra. Yasmin Farahdiba, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:44
Last Modified: 15 Oct 2024 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51547

Actions (login required)

View Item View Item